Laman Blog

Tuesday, April 30, 2013

KIPO UBI UNGU


Kipo adalah makanan khas yang berasal dari Kotagede, Yogyakarta. Sbenarnya bahan baku kipo adalah tepung ketan. Di resep ini saya gunakan ubi ungu yang di campur tepung tapioka. Bentuknya pun lebih besar dari yg biasanya, karena susah mau ngebentuk ukuran yang imut kalo pake adonan ubi ini. Cara memasaknya pun juga berbeda, tdk dipanggang di atas penggorengan tanah yg dialasi daun pisang, tapi saya oven tapi sbelomnya dibungkus daun pisang dulu supaya tetep dapet aroma daun pisangnya.


Bahan-bahan:

Ubi Ungu                                 200 gram
Tepung Tapioka                        50 gram
Kelapa Parut (yg agak muda)   100 gram
Gula Merah                              100 gram
Garam                                      secukupnya
Daun Pisang                              secukupnya
Daun Pandan                            1 lembar


Cara Memasak :
1. Membuat Unti / Enten-enten :
Masukkan kelapa parur, gula merah dan daun pandan ke dalam panci. Jerang di atas api kecil, aduk-aduk hingga gula merah lumer. Masak hingga agak mengering. Angkat, dinginkan.

2. Membuat kulit Kipo :
Masukkan ubi ungu, tepung tapioka dan sedikit garam kedalam wadah. Campur dengan bantuan sendok hingga rata.

3. Membentuk Kipo :
Ambil sedikit adonan, bentuk bulat lalu tekan tengahnya dengan jari hingga berbentuk seperti mangkuk. Masukkan unti , lalu bentuk seperti pastel. Lakukan hingga adonan habis.

4. Bungkus (balut) adonan yg sdh dibentuk tersebut dg daun pisang satu persatu, lalu letakkan di atas loyang. Panggang dengan oven dg panas sedang hingga matang (tandanya kelihatan agak mengkilat)






No comments:

Post a Comment