Laman Blog

Friday, May 15, 2015

Pie Isi Sayur Saus Bechamel


Untuk mengakali anak dan suamiku yang kurang suka dengan sayuran, aku tidak menyerah begitu saja. Kebetulan mereka suka banget dengan cemilan yang berbentuk pie, maka aku pun memanfaatkan pie ini. Biasanya pie aku isi yang manis-manis, tapi kali ini isinya aku ganti dengan yang rasa gurih. Tentu saja isinya ada sayurannya, kan ceritanya untuk mengakali yang tidak suka sayuran. Karena keju merupakan favorit mereka, maka aku tambahkan dalam isian pie ini saus bechamel yang rasa kejunya nonjok. Agar gizinya makin komplit dan rasanya makin oke aku tambahkan juga irisan daging ayam dan telur puyuh. Ternyata trik yang satu ini berhasil membuat anak dan suamiku dengan iklas menyantap cemilan bergizi ini :) 

Kulit pie :
250 gram tepung terigu
100 gram margarin
2 kuning telur
1 sdm gula halus
sedikit garam
Air es secukupnya

Isi Pie :
100 wortel ukuran sedang, kupas lalu iris dadu kecil
50 gram jagung manis sisir
50 gram brokoli (bagian kuntumnya saja), potog kuntumnya kecil-kecil
1 buah tomat ukuran besar, potong lalu keluarkan isinya, iris dadu kecil
50 gram daging ayam, rebus dengan sedikit garam lalu iris kotak kecil
Telur puyuh, iris jadi 2

Saus bechamel :
200 ml susu cair full cream
1 sdm tepung terigu
1/2 sdm Margarin
1/4 sdt lada bubuk (kalo ada pilih saja lada hitam)
sedikit garam
sejumput oregano
2 sdm keju cheddar parut

Pelengkap :
Saus tomat
Saus sambal


Cara Membuat :
1. Saus bechamel : panaskan margarin, masukkan oregano, aduk sebentar. Masukkan terigu lalu aduk-aduk hingga warnanya kecoklatan. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan whisk agar tidak bergerindil. Masukan keju cheddar parut, lada bubuk dan garam. aduk rata. Sisihkan.
2. Kukus wortel, jagung dan brokoli hingga agak empuk. Masukkan sayur kukus, tomat dan daging ayam yang sudah di potong-potong. Tuangi saus bechamel, aduk rata. sisihkan.
3. Campur semua bahan kulit pie, aduk dengan spatula sampai rata. Masukkan air sedikit demi sedikit hingga adoanan bisa dicetak. Lalu cetak adunan kulit pie, panggang sampai tercium bau harum seperti saat kita membuat kue kering (jangan sampai warnanya terlalu tua).
4. Keluarkan kulit pie dari oven, sendokkan adonan isi ke dalam kulit pie. Panggang lagi hingga sekitar 10 menit dengan api atas. Keluarkan dari oven.
5. Sajikan dengan saus tomat dan saus cabe ... hmmmm yumieee

No comments:

Post a Comment