Laman Blog

Sunday, May 31, 2015

Lapis Singkong Dalmation



Berhubung ada kontes membuat masakan memakai bahan susu evapoted yang di adakan oleh Carnation, terpaksa dengan sangat semangat aku ikutan meramaikannya ... hahaa ... siapa tahu ada salah satu hadiahnya yang nyantol pada diriku (ngarep banget nih). Smoga aja ya .. lagian hadiahnya banyak juga lhoo. Yang lain pada bikin masakan dengan bahan yang oke-oke ... kaya'nya aku sendiri deh yang pake bahan baku singkong .. wkwkkk. Tapi PeDe aja dech .. siapa tahu resep ndeso ini bisa hoki  :D. Tapi menurutku lapios singkong yang memakai susu evaporated ini hasilnya oke juga lhoo ... selain itu kandungan gizinya jadi makin oke kan ... ada proteinnya yang berasal dari susu gitu. Supaya penampilan lapis singkongnya makin cantik aku tambahkan taburan kismis di antara lapisan warna satu dengan yang lainnya ... jadi makin cantik kan ??? hwihihiii ... Selain bikin tampilannya makin cantik, kismis ini juga membuat rasa lapis singkong ini ada sensasi yang lain .. ada asam manisnya dari si Kismis .... Penasaran dengan rasanya ??? bikin sendiri aja ya .. Nih aku kasih tahu resepnya ... yuk ahhhh ... cussss 

Bahan
700 gram Singkong Parut
200 ml CARNATION Evaporated Milk
3 sdt Agar-Agar Bubuk
175 gram Gula Pasir
1 sdt Vanila bubuk
1/4 sdt Garam Halus
1 genggam kismis
Pasta Pewarna Makanan (Merah, Kuning dan Hijau)
Pendukung
1 lembar daun pisang untuk alas loyang saat mengukus

Taburan
100 gram kelapa parut kasar
sepucuk sdt Garam Halus

Cara Memasak :
1. Campur semua bahan adonan kecuali kismis dan pewarna, aduk rata.
2. Bagi adonan menjadi 3 bagian, masing-masing tetesi pasta pewarna makanan lalu aduk hingga rata.
3. Panaskan kukusan. Alasi loyang dengan daun pisang.
4, Tuang adonan hijau ke loyang yang sudah di alasi daun pisang, ratakan dengan bantuan spatula. Taburkan setengah bagian kismis di atasnya. Kukus selama 10 menit dengan api besar.
5. Keluarkan loyang dari kukusan, tuang adoanan kuning di atas adonan hijau. Taburkan sisa kismis. Kukus selama 10 menit dengan api besar.
6. Keluarkan loyang dari kukusan. Tuang adonan merah di atas adonan kuning, ratakan dengan spatula. Kukus selama 20 menit dengan api besar (sampai matang sempurna). DInginkan lalu potong-potong.
7. Aduk rata bahan taburan, guling-gulingkan lapis singkong di atas bahan taburan. Siap disajikan :)

No comments:

Post a Comment