Laman Blog

Wednesday, June 10, 2015

Es JJS Rainbow ( JJS = Jahe Jelly Selasih )



Jahe adalah salah satu bahan minuman yang biasanya disajikan dalam bentuk minuman hangat. Tapi kali ini saya mencoba mengkreasikan minuman serbuk Jahe  dalam bentuk minuman dingin. Supaya anak-anak jadi tertarik, saya padukan Jahe dengan jelly aneka warna. Ceritanya saya bikin es rainbow nih ... nggak mau ketinggalan dong dengan cake rainbow .. hehee. Selain jelly saya tambahkan biji selasih juga lhoo .... tampilan dan kasiatnya jadi makin oke kan. Walaupun minuman ini dalam bentuk dingin, tapi kita bisa mendapatkan banyak manfaatnya lho saat mengkonsumsinya. Karena jahe, jelly dan biji selasih ini mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tubuh. 

Es JJS Rainbow (Jahe Jelly Selasih Rainbow)

Bahan :
3 sachet Minuman serbuk Jahe (saya memakai Jahe Wangi Sidomuncul)
450 ml air matang
1 pack kecil Jelly plain
700 ml air mentah
Susu kental manis putih 50 ml (untuk adonan jelly)
Pasta pewarna makanan (merah, kuning dan hijau)
2 sdm Biji Selasih
50 ml Susu Kental Manis Putih (Untuk menyiram bagian atas es saat penyajian)


Cara membuat :
1. Campur Jahe minuman serbuk jahe dan air matang, aduk rata. Masukkan dalam kantong plastik, bekukan ke dalam freezer selama semalam. (hasilnya es lilin jahe)
2. Campur jelly plain dan air mentah, aduk-aduk lalu masak hingga mendidih. Masukan 75 ml susu kental manis, aduk rata. Bagi adonan jelly menjadi 3 bagian, tetesi masing-masing bagian dengan pasta pewarna makanan merah, kuning dan hijau. bekukan lalu simpan dalam kulkas.
3. Rendam biji selasih dalam air matang lalu diamkan hingga mengembang, masukkan dalam kulkas hingga dingin. 4. Cincang kasar jelly yang sudah membeku menggunakan pisau.
5. Sendokkan jelly dan selasih secara bergantian ke dalam gelas saji (dari bawah ke atas : Jelly hijau > Selasih > jelly kuning > Selasih > jelly merah ).
6. Blender Es lilin jahe  lalu sendokkan di di atas jelly merah. Siram susu kental manis putih di atasnya. Siap disajikan :)  

No comments:

Post a Comment