Laman Blog

Monday, June 15, 2015

Daur Ulang Kertas Koran




Akhirnya aku bisa mewujudkan angan-anganku yang sudah bertahun-tahun untuk membuat daur ulang kertas koran sendiri. Awal mulanya sih beberapa tahun yang lalu aku melihat acara televisi lokal Yogya yang acaranya mengenai kertas daur ulang, tapi ternyata tak semudah yang aku lihat. Aku mencoba mempraktekkan yang ada di TV, hasilnya wellleeehh welllehhh amburadul byangettt ... abstrak deh jadinya. Dengan semangat 45 aku pun pantang menyerah mengotak-atik kertas koran ini agar bisa terwujud menjadi sebuah benda yang bisa lebih bermanfaat, jangan sampai deh kertas koran ini hanya bisa dimanfaatkan sebagai bungkus nasi kucing saja .. wkwkkk. Dan hasilnya seperti yang terkihat di foto-foto itu .... kualitasnya sih sebenarnya belum begitu bagus, tapi lumayanlah bisa dijadikan pajangan di meja, sekalian bisa di pamerkan ke temen-temen atau tetangga yang kebetulan main ke rumah .. hahaaa ... pamer dikit ngga papa kan ... kwekekekkk. Agar sedikit ilmu yang aku miliki ini bisa bermanfaat bagi orang lain akhirnya aku putuskan untuk ditayangkan di blog saja ... Eh siapa tahu ide daur ulang ulangku ini bisa bermanfaat bagi orang lain. Syukur-syukur bisa memberikan inspirasi positif bagi yang membacanya ... Semoga :)

Bahan :
1. Kertas Koran
2. Lem tepung tapioka
3. Aneka Wadah dari bahan plastik (untuk cetakan)
4. Jarum dan Benang

Cara Membuat
1, Potong-potong kertas koran (1 lembar menjadi 4-5 bagian, tergantung ketebalan yang kita inginkan).
2. Sambung potongan-potongan tadi memakai lem.
3. Lipat kertas yang sudah disambung tadi menjadi 4 bagian, lalu pilin.
4. Lilitkan pilanan kertas tadi pada wadah plastik yang kita gunakan sebagai cetakan. Sesekali saat melilitkan kertas kita olesi dengan lem tapioka agar hasil lilitan tidak mudah lepas.
5.Setelah selesai melilitkan, ikat dengan benang agar bisa lebih kuat. Supaya mudah saat mau mengikat pakailah bantuan jarum tangan.
6. Olesi seluruh permukaan lilitan itu dengan lem secara merata, lalu jemur hingga kering. Setelah kering lepas lilitan tadi secara hati-hati. Lalu olesi bagian dalamnya dengan lem tapiokalagi agar hasilnya bisa lebih halus dan lebih kuat. Kering lagi sampai benar-benar kering.
7. Warnai dengan cat besi /kayu. Bisa juga di tambah hiasan bunga dari kertas koran agar terlihat lebih manis.
8. SELAMAT MENCOBA :)












No comments:

Post a Comment