Laman Blog

Tuesday, April 7, 2015

Sosis Solo




    Walaupun namanya sosis tapi cemilan yang satu ini penampakannya jauh banget dengan sosis yang biasa kita temui. Menurutku sosis solo ini satu kerabat dengan risoles dan lumpia. Cuma bedanya dia di balut dengan telur kocok, sedangkan risoles di balut tepung panir, sedangkan lumpia tidak berbalut. Karena berbalut kocokan telur inilah permukaan sosis solo ini ada serat-serat kecokatannya. Penasaran rasanya ??? Coba bikin sendiri yuk ...


    Bahan :

    Kulit Sosis :
    1. 100 gram Tepung Terigu
    2 butir Telur Ayam
    350 ml Air
    1 sdt Garam
    3 Sdm Minyak Goreng

    Isi Sosis :
    300 gram Daging Ayam Giling
    2 batang Daun Bawang.
    3 butir Bawang Putih
    5 butir Bawang Merah
    1 sdt Garam
    1 sdm Gula Pasir
    1 sdt Lada Bubuk
    1 sdt Kaldu Bubuk
    100 ml Santan
    3 sdm Minyak Goreng

    Pelengkap :
    2 butir Telur ayam
    Secukupnya Minyak Goreng (untuk menggoreng)


    Cara Memasak :

    1. Kulit : Campur semua bahan, aduk rata. Jangan sampai bergerindil, bila perlu bisa disaring dengan saringan kelapa.  Ambil satu sendok sayur, dadar dengan menggunakan teflon diameter 18 cm, lakukan hingga adonan habis. Sisihkan.

    2. Isi Sosis : cincang bawang merah dan bawang putih, Iris tipis daun bawang. Tuang Minyak goreng ke dalam wajan, masukkan bawang merah dan bawang putih cincang, tumis hingga harum. Masukkan daun bawang lalu aduk-aduk sebentar. Masukkan daging cincang, santan, garam, lada bubuk, kaldu bubuk dan gula pasir lalu aduk-aduk hingga rata. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan mengering. Matikan api, dinginkan.

    3. Penyelesaian : Ambil 1 lembar kulit sosis, sendokkan 1 sendok makan adonan isi di atasnya, lipat seperti seperti lumpia tapi bentuknya kecil memanjang. Kocok telur hingga berbuih, masukkan sosis yang sudah di bentuk tadi ke dalamnya. Tuang Minyak goreng  ke dalam wajan, panaskan. Goreng sosis hingga kecoklatan. Kalau ingin terbentuk banyak serat pada kulit sosis, tuangkan telur kocok sedikit-sedikit di atas sosis dengan bantuan sendok pada saat sosis di goreng. Setelah berwarna kecoklatan angkat lalu tiriskan di atas kertas tisue. 

No comments:

Post a Comment