Laman Blog

Thursday, January 16, 2014

Muffin Pisang


Waktu  belanja sayur aku ngeliat pisang uli yang udah kuning merona ... harganya murah banget lhooo, 3 ribu rupiah / sisirnya. Ditempatku orang biasa menyebutnya pisang raja Bandung / gedhang kiloan ... disebut kiloan karena dulu kita belinya dengan cara ditimbang dan di hargai per kilonya. Aku pun beli 2 sisir ... sampai dirumah teringat resep cake pisangnya Jeng Yulie ( temen FB ku). Kalo diresep aslinya sih dia pake pisang ambon/cavendis ... Tergoda juga aku untuk uji coba dengan menggunakan pisang Uli ini. Heheee ... seadainya enak dimakan ya syukur, andailan ga enak ya apes dech :D. Kalo jeng yulie bikinnya dengan loyang yang kotak besar itu, tapi aku ingin bikin dengan cetakan kecil-kecil aja, dan resepnya sedikit aku ubah lhooo ... ga papa kan Jeng Yulie Abhistawa ??? ... maaf ya kalo ga berkenan :D



Bahan :
- 200 gr terigu segitiga
-   75 gr gula pasir
-   50 gr gula merah sisir halus (aslinya pakai gula palm)
-     5 sm Susu Kental Manis
-     1 st baking powder
-  1/4 st soda kue
-  1/4 st garam halus
-     2 butir telur
-  125 gr margarin, lelehkan
-  400 gr pisang yang udah dikupas, iris kecil-kecil
-    50 gr kacang tanah, sanrai lalu cincang.

Cara memasak :
- Campur tepung terigu, baking powder, soda kue dan garam halus, ayak.
- Blender pisang dan telur hingga pisang jadi halus, tuang ke dalam wadah.
- Masukkan gula pasir, gula merah dan susu kental manis lalu aduk rata.
- Masukkan tepung terigu yang sudah diayak sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula.
- Masukkan margarin, aduk rata.
Ini lhoo yang namanya pisang uli
- Tuang kedalan cetakan kecil-kecil, taburi atasnya dengan kacang sangrai cincang , oven hingga matang.

Saya pernah mencoba membuat dengan menggunakan loyang yg besar, dan ternyata memerlukan waktu lebih lama saat mengoven. Yach biar irit gas, aku coba bikin dengan cetakan kecil-kecil aja... ternyata waktu memanggangnya lebih cepat. Dan Ternyata lagiii ... enak juga lhooo meskipun pisangnya memakai pisang uli :D :D :D




No comments:

Post a Comment