Laman Blog

Saturday, March 21, 2015

Bola-Bola SIngkong Saus Satan



Di rumah stock singkong baru banyak nih, mau di goreng / di kukus melulu bosan juga ya. Tapi aku memang pada dasarnya baru menghemat minyak goreng juga, karena jatah minyak goreng yang aku miliki harus nyampai bulan depan. Kalau ngga di jatah gitu ntar borosss dan kebanyakan konsumsi goreng-gorengan ngga baik juga kan untuk kesehatan ... hahaa alasan nih :D
Kali ini aku olah saja singkongnya jadi model bola-bola gitu dechhh biar kesannya ga monoton, padahal rasanya ntar khas singkong juga ... hahaaa, Tapi setidaknya ada usaha untuk berkreasi yaaa .. wkwkk

Bahan
250 gram singkong parut yang sudah diperas airnya
125 gram Gula merah (pilih yang berwarna coklat agak tua)
1 sdm Agar-Agar plain

Saus
125 gram kelapa parut
250 ml air
1 sdm penuh tepung maizena
sepucuk sdt garam
1 lembar daun pandan

Cara Memasak :
1. Bola-bola : Campur singkong, agar-agar dan gula. Aduk rata, pulung sedikit, bentuk bulat. Lakukan sampai adonan habis. Panaskan kukusan yang sudah di beri air, masukkan bulatan-bulatan tadi, kukus hingga matang (20 menit). Sisihkan.
2. Saus : Tuang santan ke dalam panci, tambahkan daun pandan. Didihkan, kecilkan api. Tuang tepung maizena sambil diaduk-aduk, masukkan garam, aduk rata. Masak hinnga meletup-letup dan mengental.
3. Penyajian : sendokkan bola-bola singkong ke dalam mankuk / gelas saji. Siram atasnya dengan saus santan. Taraaaa ... siap di nikmati :)


No comments:

Post a Comment