Laman Blog

Sunday, March 15, 2015

Agar Tidurmu Lebih Nyenyak dan Berkualitas



sumber : google

Tidur yang cukup dan berkualitas itu sangat besar manfaatnya bagi tubuh kita. Bukan hanya rasa kantuk dan letih saja yang akan hilang dengan tidur ini, tapi pikiran dan tubuh kita pun akan merasa lebih baik juga. Dengan tidur yang cukup, kadar hormon Melatonin tetap berada dalam rentang yang sehat. Kadar hormon Melantonin yang rendah akan merangsang pertumbuhan sel kanker payudara.
tingkat melatonin yang rendah merangsang pertumbuhan beberapa jenis sel kanker payudara, dan menambahkan melatonin dapat memperlambat pertumbuhan mereka. - See more at: http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/kesehatan/manfaat-melatonin-bagi-kesehatan-tubuh.html#sthash.qgwDc05u.dpuf
Lalu bagaimanakah cara kita untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas itu ??? Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar tidur kita bisa jadi nyenyak dan berkualitas. Tidur yang berkualitas itu bukan diukur dari lama atau tidaknya tidur kita, yang penting waktunya sudah memenuhi kriteria cukup yaitu 6 - 8 jam / hari.
Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidur kita jadi nyenyak dan berkualitas, yaitu :

1.Jauhkan pikiran kita dari hal-hal negatif saat akan berangkat tidur
Apabila pikiran kita di penuhi oleh hal-hal negatif maka kita akan sulit untuk konsentrasi dan ujung-ujungnya mata kita akan sulit dipejamkan. Andaikan bisa terpejam pun tidur kita tidak akan nyenyak. Bahkan pikiran negatif itu makin parahnya bisa terbawa dalam tidur kita. Untuk membantu menghilangkan hal-hal negatif ini bisa kita bantu dengan cara mendengarkan musik-musik lembut yang  bisa menenangkan pikiran kita.

2. Bersihkan tubuh dan kenakan pakaian yang bersih terlebih dahulu sebelum berangkat tidur
Cuci kaki, cuci tangan, gosok gigi dan memakai pakaian yang bersih itu sangat dianjurkan saat kita akan berangkat tidur. Dengan tangan, kaki, gigi dan pakaian yang bersih, kita akan terasa lebih nyaman saat tidur nanti. Segala sesuatu yang bersih kan memang membuat kita lebih merasa nyaman :)
Bayangkan saja jika pakaian yang kita kenakan saat tidur itu kotor / bau keringat ... pasti deh aromanya akan sangat mengganggu konsentrasi tidur kita. Apalagi jika sampai menyebabkan gatal-gatal di tubuh kita ... gimana mau tidur, maunya garuk-garuk melulu :D

3. Jangan sampai saat mau berangkat tidur kita dalam keadaan menahan BAK/BAB
Upsss gimana tidurnya mau nyenyak kalau kita harus menahan BAK/BAB .. kasihan dong tubuh kita. Karena kotoran-kotoran yang seharusnya dikeluarkan melalui BAK/BAB itu tidak baik kalau dibawa saat kita tidur. Dan bila ini sering dilakukan tidak hanya akan mengganggu tidur kita, parahnya bisa menyebabkan penyakit.

4. Pilihlah peralatan tidur yang nyaman
Kasur, bantal, guling , sprei dan selimut adalah perlatan tidur yang bisa menunjang kenyamanan tubuh kita saat tidur. Harga peralatan bukanlah ukuran utama untuk kenyamanan itu. Yang penting kita harus bisa memilih bahan yang tidak menyebabkan badan kita terasa gerah saat kita melakukan ritual tidur. Memang sih harga barang yang lebih mahal biasanya kualitasnya lebih bagus. Tapi itu belum tentu juga lho, sprei dan sarung bantal yang terlalu banyak memiliki hiasan/ornamen kadang malah bisa mengganggu tidur kita, apalagi jika kita termasuk jenis orang yang suka model minimalis. Maka sprei dan sarung bantal yang berumbai-rumbai itu bikin kita jadi bete :D. Begitu juga dengan selimut yang kita kenakan saat tidur, jangan sampai deh selimut itu menyebabkan badan kita terasa gerah karena bahannya panas. Karena fungsi selimut itu menghangatkan tubuh, bukan menggerahkan tubuh. Oleh karena itu pilihlah peralatan tidur yang terbuat dari bahan katun, karena bahan katun ini bisa membuat badan kita terasa hangat saat udara dingin dan tidak membuat badan kita terasa gerah saat udara panas karena mampu menyerap keringat kita.

5. Jauhkan gadget dan televisi dari ruang tidur
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa gadget adalah salah satu sumber radiasi yang bisa menganggu kesehatan kita .. radiasi ini salah satu penyebab penyakit kanker lhooo .. hiiii  ... makanya jangan sampai deh di saat kita tidur terkena radiasi dari gadget kesayangan kita sendiri. Lagian kalo kita dekat-dekat dengan gadget bikin kita ingin online dan online melulu. Trus kapan tidurnya ??? hahaaa. Belum lagi kalau ada suara pang ping pang ping yang mengganggu telinga kita.
Begitu juga televisi, barang yang satu ini sebaiknya dijauhkan dari ruang tidur kita, karena kalau kita tetap membiarkan televisi dalam keadaan menyala maka konsentasi kita waktu akan tidur jadi terganggu. Menurut saya ada sebagian orang yang menjadikan televisi sebagai sarana penghantar tidur itu adalah salah. Karena acara televisi yang tanpa sengaja kita lihat akan membuat mata kita untuk bertahan melek dan ujung-ujungnya jam berangkat tidur kita akan molor. Dan akhibatnya lama waktu tidur kita pun akan berkurang atau parahnya lagi kita jadi terlambat bangun tidur di keesokan harinya. 

6. Bebaskan kamar tidur kita dari nyamuk-nyamuk nakal
Nyamuk adalah serangga yang paling sering menganggu tidur kita, entah kenapa tuh si nyamuk kok usil banget dan ngga suka kalo melihat kita tidur nyanyak. Mungkin mereka mencari teman begadang ya .. hahaaa. Cara untuk membebaskan ruang tidur kita dari nyamuk salah satunya adalah tidak menggantung pakaian di ruang tidur. Tapi walau pun ruang tidur kita sudah bebas dari segala sesuatu yang di gantung tetap saja masih ada nyamuk yang patroli di ruang yang kita pakai untuk tidur. Hahh bikin bete aja tuh si nyamuk. Kalau hal ini kita alami terpaksa deh kita memakai senjata andalan kita ... yaitu obat pengusir nyamuk.
Pengusir nyamuk sendiri ada dalam berbagai pilihan, kita tinggal memilih sesuai selera kita. Tapi saat memilih pengusir nyamuk ini kita juga harus mempertimbangkan sisi kelebihan dan kekurangannya juga lhoo. Kalau aku sih lebih memilih pengusir nyamuk yang tidak mengeluarkan asap dan yang bikin pernafasan kita jadi sesak. Belum lagi resiko ada barang yang terbakar kalau kita kurang berhati-hati. Aku juga malas dengan acara semprot menyemprot, karena saat menyemprot itu aku kok takut kalau obat pengusir nyamuk itu mengenai mukaku sendiri dan terhirup oleh hidungku. Pernah lho karena takut terkena obat nyamuk semprot, aku terjatuh karena buru-buru menjauh dari ruang tidur yang aku semprot tadi .. hahaa.
Tapi sekarang aku sudah tidak bingung lag saat harus memilih obat nyamuk, karena sudah ada Baygon Liquid Elektrik yang menurutku bisa dikatakan pengusir nyamuk idaman. Kenapa dikatakan idaman ??? karena banyak kelebihannya dan tidak bikin repot penggunanya. Bayangkan saja, karena aromanya yang lembut dan tanpa asap itu nyamuk dijamin akan ngacir dari ruang tidur kita. Belum lagi cara memakainya sangat praktis tiss tisss. Kita tinggal colok saja, aroma wangi yang lembut pun akan memenuhi ruangan dan  bisa kita jadikan aromatheraphy yang bisa membikin tidur kita makin nyenyak. Dan kerennya lagi meskipun pakai listrik, Baygon Liquid Elektrik ini di rancang tanpa memakai kabel yang suka bikin ribet itu. Sempurna kan ???  Oh ya ...  Baygon liquid elektrik ini juga mampu membunuh nyamuk yang bersembunyi. Hebat kan Baygon Liquid Elektrk ini bisa memburu nyamuk dimanapun dia berada.

7. Pakailah penerangan yang redup
Penerangan yang redup di percaya bisa membuat tidur kita lebih berkualitas. Aku pun sudah membuktikan hal ini. Dengan penerangan yang redup mata akan leih mudah terpejam. Tidur dengan penerangan yang redup ini juga ada hubungannya dengan produksi hormon Melantonin dalam tubuh kita. Saat tidur dengan penerangan yang redup hormon Melantonin ini akan semakin banyak di produksioleh tubuh kita, berarti tubuh kita akan semakin banyak mempunyai hormon yang bisa melindungi kita dari penyakit kanker.
Penerangan yang redup ini sebenarnya sudah bisa dapatkan bila saat kita tidur menggunakan Baygon Liquid Elektrik. Kalau saya pribadi sih sudah merasa cukup dengan penerangan yang ada di kemasan Baygon Liquid Elektrik ini. Tapi kalau masih merasa kurang boleh di tambahin dikit lagi. Tapi dilihat dari segi hemat energi sebaiknya tidak usah ditambahin aja deh ... hitung-hitung kita bisa hemat biaya listrik sekalian berpartisipasi dalam gerakan hemat energi.

8 Berdoa dulu sebelum kita tidur
Ritual yang terakhir ini sangat penting, karena doa adalah cara kita untuk memohon perlindungan dari Tuhan disaat kita tidur. Dengan berdoa bisa membuat pikiran dan perasaan kita lebih nyaman, aman, damai dan ujung-ujungnya tidur kita akan jadi nyenyak dan so pasti lebih berkualitas.

Yups .... itulah tips agar tidur jadi nyenyak yang biasa aku lakukan ... semoga bisa bermanfaat ya :) 

Tag : Baygon, Mommies Daily, MDBaygon



No comments:

Post a Comment