Laman Blog

Wednesday, April 8, 2015

Karena Koepoe Koepoe Bolu Kukus Mekarku Jadi Sempurna




Memasak bagi sebagian orang mungkin adalah hal yang bikin pusing. Uupsss ....  tapi bagiku sebaliknya, memasak bisa membuat moodku menjadi bagus. Karena dengan memasak aku bisa mengekspresikan apa yang ada dalam pikiranku dan ingin aku tunjukkan pada orang lain. Apalagi saat aku sudah berkeluarga dan memiliki anak, dengan hobi memasakku ini aku jadi tidak bingung lagi saat harus menyiapkan menu makan sehari-hari untuk keluarga kecilku tercinta. Aku ini tipe orang yang tidak suka jajan makanan, kecuali kalau sudah sangat kepepet. Karena menurutku jajan itu selain lebih boros juga tidak terjamin kebersihan makanannya. Maka sebagai rasa sayangku pada keluarga salah satunya aku tunjukkan dengan menyediakan menu makan yang sehat dan bergizi untuk keluargaku.

Namun terkadang saat memasak aku merasakan mempunyai beberapa kendala. Bila mood memasak kita sudah oke, tapi tidak didukung oleh bahan masakan dan bumbu-bumbu yang oke juga hasil masakan kita pun hasilnya akan amburadul. Dan bisa dipastikan aku pun pasti menuai protes  dari anak dan suamiku ...hehee. Protes-protes kecil itu aku anggap sebuah kritikan yang membangun dan membuatku berpikir untuk mencari tahu penyebab amburadulnya masakanku ini. Aku pun tidak  merasa putus asa dengan kritikan-kritikan itu, malah sebaliknya aku jadi lebih bersemangat untuk memasak lagi dengan belajar dari hasil yang amburadul tersebut.  Selagi kita mau menerima kritik dan saran dari orang lain  maka hasil masakan kita hasilnya akan lebih baik. Masih mending di kritik oleh anak dan suami sendiri.daripada dikritik orang luar rumah .. bisa berabe deh, Salah-salah bisa jadi bahan gosip tetangga .. hahaa (becanda lhooo ... ). Pokoknya yang penting SEMANGAT !!!



Jangan lupa pakai pasta merek Koepoe Koepoe supaya kue kita
hasilnya jadi sempurna luar dalam


Salah satu pengalaman pahitku saat memasak adalah saat membuat bolu kukus mekar. Kata sebagian orang orang sih kue ini cara bikinnya simple bin gampang. Entah kenapa walau sudah beberapa kali mencoba membuat kue bolu kukus ini, tapi kok aku belum pernah berhasil membuat bolu kukus yang bisa ngakak. Kue bolu kukus buatanku bisa di bilang hampir mingkem :D. Namun kegagalan-kegagalan yang aku alami ini semakin membuat diriku merasa penasaran dengan si bolu kukus mekar ini. Dan akhirnya aku kepikiran untuk mencari informasi melalui tutorialnya di youtube. Tanpa pakai lama aku pun membuka youtube di laptop kesayanganku. Akhirnya terjawablah sudah kesalahan yang aku lakukan saat membuat bolu kukus, ternyata aku kurang lama pas mengaduk adonan dengan menggunakan mixernya.

Keesokan harinya aku pun langsung mempraktekkan apa yang aku lihat di youtube. Untung saja bahan-bahan yang aku butuhkan sudah komplit, jadi tinggal eksekusi saja. Singkat cerita akhirnya adonan bolu kukus selesai aku buat sesuai dengan petunjik tutorial di youtube. Dan tibalah saatnyaa adonan harus dikukus, waktu menunggu adonan dikukus itu hatiku jadi gimana gitu. Terus terang, aku merasa was-was kalau bolu kukusnya ga bisa mekar lagi. Jreng ... jreng .... pas mau buka tutup kukusan aku agak deg-degan dan bertanya-tanya apakah kutukan bolu kukus tetap akan bertahan di dalam diriku ini .. hahaa. Saking seriusnya aku pun sempat berdoa memohon kepada Tuhan agar di lepaskan dari kutukan si Buolu Kukus Mekar, habis mau minta tolong pada siapa lagi kalau tidak kepada Tuhan. Begitu tutup kukusan dibukaaaa ... mataku jadi terbelalak ... senang banget rasanya menyaksikan bolu kukusku yang pada mekar sempurna alias tertawa ngakak semua. Yes !!! yes !!! yes!!! teriakku. Mendengar teriakanku anakku pun jadi ingin tahu apa yang terjadi di dapur. Begitu mengetahui bolu kukus buatanku hasilnya mekar dia pun langsung main comot karena ingin segera mencicipinya. Tapiiii ..saat dia mencicipi langsung protes, katanya ada rasa pahitnya. Aku yang tadinya sudah gembira sekali terpaksa menunda dulu rasa bahagia itu, karena masih ada kekurangan dalam bolu kukusku kali ini. Aku lalu mencari tahu penyebab pahitnya bolu kukus mekarku. Usut punya usut ternyata penyebabnya adalah perisa pasta pandan yang aku gunakan, karena rasa pahit itu hanya terasa pada adonan yang berwarna hjau. Memang sih saat membeli pasta itu aku tidak minta merek tertentu pada pelayan tokonya dan kata mbak pelayannya harga pasta yang diberikan kepadaku itu agak miring. Yang namanya ibu-ibu pasti suka dong dengan harga yang agak miring .. hehee. Ternyata terbukti bahwa harga miring itu tidak selamanya bikin kita bahagia.  Buktinya gara-gara perisa pasta pandan yang aku pakai ini. Jadi punya PR nih untuk mencari pasta pandan yang bisa membuat bolu kukus mekarku bisa sempurna luar dalam.



Adona bolu kukus sudah di tuang ke dalam cetakan
dan siap untuk masuk ke dalam kukusan

Untung saja aku aktif di sosmed, antara lain facebook dan twitter. Dari kedua sosmed ini aku sering mencari info seputar dunia kuliner. Salah satu sumber info kulinerku di dunia maya adalah fanpage Jelajah Rasa  dan @JelajahRasa yang salah satu produknya bermerek Koepoe Koepoe. Sebenarnya aku sudah lama tahu ada bahan kue yang bermerek Koepoe Koepo ini, tapi aku merasa tidak begitu akrab. Tapi semenjak sering menyimak timeline akun facebook dan twitter produsennya aku jadi lebih tahu merek Koepoe Koepoe ini. Aku pun jadi ingin mencoba produknya dan perasaanku berkata bahwa  perisa pasta Koepoe Koepoe inilah yang bisa membuat bolu kukus mekarku bisa jadi sempurna. Dan ternyata perasaanku ini tidak salah, karena perisa pasta pandan Koepoe Koepoe ini wangi pandannya benar-benar mirip aroma pandan asli, warnanya tidak ngejreng dan yang pasti tidak menimbulkan rasa pahit pada hasil masakanku. Sekarang aku sudah tidak bingung lagi saat akan memakai perisa pasta. Walau harganya agak mahal sedikit tapi bisa memberikan hasil masakanku jadi sempurna luar dalam. Anak dan suamiku pun sudah tidak mempunyai alasan lagi untuk memprotes bolu kukus mekarku.  Dan aku tidak lagi dijadikan bahan olokan-olokan konyol anak dan suamiku ... hehee.

Inilah salah satu #CurhatanRasa saat aku memasak di temani Koepoe Koepoe. Sangat menyenangkan dan bikin acara memasakku semakin enjoy. Aku pun seakan merasa tidak ingin  berhenti bereksperimen menjelajahi dunia memasak yang penuh misteri, apalagi bila ada Koepoe Koepoe di dapurku.  Terimakasih Koepoe Koepoe ... karenamu aku  mampu memecahkan misteri kecil yang terjadi di dapur mungilku :)

3 comments: