Laman Blog

Saturday, January 10, 2015

Bango Bumbu Ayam Goreng Bacem



Ayam goreng bacem adalah salah satu menu favorit keluargaku, mungkin karena rasa manis dan gurih bumbunya itulah olahan ayam yang satu ini pas banget dengan lidahnya orang Yogya (termasuk keluargaku). Memasak ayam bacem ini sebenarnya tidak sulit, yang penting kita tahu saja ukuran bumbunya yang pas dan saat mengungkep kita gunakan api yang kecil. Tapi kadang kita malas harus ulek-ulek bumbunya (yang ini sih penyakitku yang sering kambuh :D). Sebenarnya sih bumbu bisa kita haluskan dengan bantuan blender, tapi masalahnya blendrku rusak (baru mogok kerja).


Eittt tapi ternyata ada kabar gembira nih ... apaan tuh ??? Bango sekarang sudah mengeluarkan produk barunya yaitu "Bango Bumbu Ayam Goreng Bacem". Dan kebetulan juga ada tantangan dari @Warisan Kuliner . Jadi makin tertarik dech nyobain produk Bango yang baru ini.  ikutan ach .. siapa tahu beruntung dan dapat hadiahnya :D

Pas pertama kali mau mencoba memasak dengan "Bango Bumbu Ayam Goreng Bacem" ini aku sebenarnya agak gimana gitu ... aku membayangkannya bumbu-bumbu instant yang selama ini aku coba dan menurutku kurang memuaskan, disamping rasanya kurang pas dengan lidahmku harganya pun menurutku  cenderung mahal dan satu lagi biasanya rasa MSGnya sangat dominan. Tapiiiiii .. untuk "Bango Bumbu Ayam Goreng Bacem" ini ternyata harganya terjangkau banget lhoo .. bayangkan cuma Rp. 2500,- per sachetnya dan bisa untuk membumbui ayam sebanyak 1/2 Kg. Dan senangnya lagi rasa bumbu "Bango Bumbu Ayam Bacem " ini ternyata mirip banget dengan bumbu ayam bacem andalan yang aku pakai patokan selama ini. Horeee !!! sekarang aku bisa hemat waktu dan pengeluaran untuk membeli bumbu kalau ingin memasak ayam Bacem Goreng. Biasanya kalau mau memasak ayam bacem goreng aku harus membeli berbagai macam bumbu yang harganya lebih dari Rp 2500,- ... bayangkan saja berapa uang yang harus aku keluarkan untuk membeli bawang merah / putih, kecap manis, gula jawa, ketumbar, garam, daun salam, lengkuas dll.

Mau tahu masakan ayam bacem goreng menurut versiku yang menggunakan "Bango Bumbu Ayam Bacem Goreng" ??? .. ini lhoooo ... simak yaa .. cussss ....

Bahan :
- 1/2 kg Daging Ayam (Aku memilih bagian paha, karena aku suka bentuk potongannya dan bila diungkepa agak lama tidak akan hancur selama penjualnya betul cara memotongnya).
- 2 gelas air kelapa (Supaya rasa bacemannya lebih mantap, ini tips dari nenekku).
- 1 sendok makan Kecap Manis Bango dan 25 gram gula kelapa (Aku tambahkan ini karena seleraku itu baceman yang manisnya nonjok dilidah dan supaya warna bacemannya lebih mantap).
- Minyak Goreng secukupnya.

Cara Memasak : Masukkan daging ayam, 1 sachet "Bango Bumbu Ayam Goreng Bacem", air kelapa, kecap, manis dan gula merah. Masak hingga mendidih, kecilkan api  dan tutup panci tapi agak dibuka sedikit. Masak hingga airnya hampir habis, kalau tidak terpaksa jangan di aduk-aduk supaya tidak hancur. Seandainya bumbunya tidak bisa terserap secara merata pada semua daging ayam dan terpaksa harus membalik daging yang bagian atas dan bawah, lakukan dengan hati-hati. Setelah air hampir habis dan bumbu terserap sempurna matikan api lalu dinginkan. Goreng baceman ayam dengan minyak yang agak banyak hingga kecoklatan, tiriskan. Sajikan dengan Nasi hangat, sambal terasi / sambal bawang dan aneka lalapan. hmmmm Yumiiieeee :).

Penasaran dengan rasa baceman ayam versi saya ini ... ayo coba praktek sendiri yaa, aku yakin pasti ngga akan kecewa dengan Produk terbaru ini :)




No comments:

Post a Comment