Laman Blog

Saturday, August 12, 2017

Mangut Ayam Daun Pepaya



Alhamdulillah .... resep kreasi saya yang terinspirasi dari mangut lele dan buntil yang merupakan masakan khas daerah Yogya ini bisa terpilih jadi pemenang juara 1 dikontes masak berbahan ayam potong So Good. Tidak saya duga sama sekali resep ini akan jadi salah satu pemenangnya. Makanya saat saya diberitahu oleh mbak Ria Handayani lewat Mesenger bahwa saya jadi pemenang juara 1 saya benar-benar merasa surpriiiiiise ^^
Masakan ini memang jadi salah satu favorit di keluarga kecilku. Suami dan anak saya yang agak susah makan sayur pun jadi tertarik dengan daun pepaya yang saya masukkan dalam mangut ayam ini. Rasa aneka bumbu rempah, rasa cabenya yang cukup terasa dan gurihnya santan membuat rasa masakan ini terasa lezat. Penasaran dengan rasanya ... yuk dicoba dirumah masing-masing ... berikut resep lengkapnya.
Bahan
500 gr Daging Ayam Potong
5 lembar daun pepaya
Bumbu
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
3 butir kemiri
8 buah cabe merah keriting
3 cm kunyit
10 buah cabe rawit merah
1 batang serai
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
secukupnya garam
sepotong gula merah
1 sdm air jeruk nipis
300 ml santan encer
150 ml santan kental
secukupnya minyak goreng

Cara memasak :
1. haluskan 1 siung bawang putih, baluri daging ayam dengan bawang putih halus, garam dan air jeruk nipis. Diamkan hingga bumbu meresap (30 menit). Panaskan secukupnya minyak, goreng ayam hingga kering, sisihkan.
2. Bagi tiap lembar daun pepaya menjadi dua bagian, masing-masing bagian di gulung lalu ikat dengan serat pelepah daun pisang / benang.
3. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe merah keriting dan kunyit.
4. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, daun sala, lengkuas dan serai. Aduk-aduk hingga aroma bumbunya keluar.
5, Masukkan daun pepaya, garam dan gula merah lalu aduk-aduk. Tuangi santan encer, didihkan. kecilkan api. Masak hingga bumbunya meresap ke dalam daun pepaya.
6. Masukkan daging ayam goreng, aduk-aduk hingga rata. Tambahkan santan kental dan cabe rawit merah. Masak hingga mendidih dan cabe agak layu, koreksi rasa. Matikan api.


1 comment: