Laman Blog

Tuesday, October 4, 2016

Roti sobek Krumpul Keju




Aku sudah lama banget penasaran dengan roti yang sering aku temui saat mudik ke Solo ini. Namanya unik khan ... krumpul ... hehee agak ndeso gitu :D. Tapi di kota Solo roti ini populer juga lho, di sana roti ini biasanya menjadi salah satu alternatif pilihan di toko-toko roti lokal yang ada di kota itu. Meskipun roti krumpul ini tidak ada isian di dalamnya, tapi rasa rotinya aja udah bisa bikin kita jadi ketagihan lho. Tapi juga ngga semua roti krumpul bisa bikin kita jadi merem melek juga sih, tergantung pada resep yang digunakan oleh si pembuatnya.

Pas iseng-iseng baru googling tiba-tiba aku ketemu resep roti yang ada crumble-nya. Tuiiing ... aku pun jadi teringat si roti krumpul yang ada di solo. Rasanya udah ngga sabar bereksperimen membuat roti krumpul itu deh.

Roti krumpul ini pada dasarnya adalah roti manis yang di atasnya di beri taburan crumble. Crumble ini sendiri terbuat dari tepung terigu, mentega / margarin dan gula halus. Ketiga bahan tersebut di campur ke dalam 1 wadah lalu dicampur dengan bantuan pisau dengan gerakan mengiris, dan terjadilah bentuk gumpalan. Adonan yang sudah jadi gumpalan itu lalu disimpan di dalam kulkas agar mengeras. Saat kita akan memanggang roti manisnya kita taburkan deh si crumble alias krumpul tadi. Krumpul itu menurutku adalah bahasa plesetannya orang Solo, biar mudah diucapkan dan diingat .. wheheee ... kreatif juga ya plesetannya :D

Penasaran ingin membuat roti ini ??? Nih aku kasih resepnya ya ... oh yaa aku membuat adonan roti manisnya memakai metode water roux ya, alasannya biar hasilnya empuk meskipun tanpa bahan pengawet.

Bahan :

Adonan Water Roux
150 ml air
25 gram tepung terigu

Adonan Roti :
400 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram terigu protein sedang
150 ml susu full cream
2 kuning telur
75 gram gula pasir
100 gram keju cheddar parut
75 gram margarin


Krumpul / crumble :
65 gram gula halus
100 gram terigu protein sedang
90 gram margarin
1 sdt bubuk kayu manis (boleh di skip bila tidak punya / tidak suka)

Olesan :
1 kuning telur dan 1 sdm susu cair (aduk rata)

Cara membuat :
1. Wate roux : campur terigu dan air, aduk rata. Nyalakan kompor dengan api yang keciiiiil. Masak adonan sampai asal mengental saja ya (jangan sampai mendidih ... hati-hati ya jangan sampai kebablasan). Kalau salah cara memasaknya adonan water roux ini sudah tidak ada manfaatnya lho. Hasil water roux yang benar adalah yang berwarna putih keruh, jangan sampai berwarna abu-abu yang agak mengkilap. Setelah itu dinginkan water roux yang sudah jadi tadi hingga benar-benar dingin.
2. Adonan roti manis keju :Campur terigu (protein sedang dan tinggi), gula, kuning telur dan fermipan. Aduk rata. Tambahkan water roux, uleno dengan tangan. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan. Terakhir tambahkan keju dan margarin. Uleni hingga rata. Tutup baskom tempat adonan dengan serbet basah. Diamkan 45-60 menit (mengembang 2 kali lipat).
3. Krumpul : campur semua bahan, aduk dengan bantuan pisau dengan gerakan mengiris hingga erbentuk gumpalan-gumpalan. Masukkan ke dalam kulkas.
4. Penyelesaian : ambil adonan roti manis yang sudah mengembang, kempiskan adonan. timbang adonan sebanyak 30 gram (sesuai selera), bentuk bulat lalu letakkan di atas loyang yang sudah diolesi margarin. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan adonan yang sudah dibentuk itu hingga agak mengembang. Olesi atasnya dengan bahan olesan, taburi atasnya dengan krumpul. Panggang selama 15 menit (200 dercel). Sudah selesai deh ... Ruti krumpul yang menul-menul pun siap di nikmati ^^

No comments:

Post a Comment