Laman Blog

Sunday, September 18, 2016

Asem Asem Daging Sapi




Masakan ini sebenarnya sangat sederhana. Saya mendapatkan resep ini saat ada acara pengajian pamitan haji tetangga saya. Kebetulan waktu itu yang memasak hidangan untuk para jamaah pengajian 2 orang mbak yang berasal dari desa Kasongan, Bantul, Yogyakarta. Saat 2 mbak itu mengeksekusi masakan Asem asem daging ini saya sangat tertarik, karena tampilan masakan yang sudah jadi dan aromanya sangat memikat. Tampilannya sangat memikat karena ada warna hijau dan merah yang bikin mata jadi melek, dan irisan tomat hijaunya itu lhooo ... membuat yang melihat ingin segera encicipinya membayangkan rasa segernya. Udah gitu perpaduan aroma aneka bumbunya membuat masakan ini jadi makin menggoda imanku ... hahaaa. Kalo sama dagingnya sih aku tidak begitu tertarik, kebetulan aku bukan penyuka daging sapi. Tapi aku suka aroma dan tampilan masakan ini :D


Bahan :
300 gram daging sapi sandung lamur, rebus hingga lunak (iris-iris)
5 buah tomat hijau ukuran agak kecil
3 butir bawang putih, iris tipis
5 butir bawang putih, iris tipis
4 cabe merah besar, iris bulat 1 cm
4 cabe hijau besar
2 lembar daun jeruk
1 batang sereh, geprak
1 lembar daun salam
seiiris lengkuas, geprak
2 cm jahe, geprak
3 sdm kecap manis
1 sdm gula merah
1/2 sdt garam (menurut selera)
75 ml air
1 1/2 sdm minyak goreng


Cara Memasak
1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe hijau hingga harum.
2. Masukkan daun jeruk, serai, jahe dan lengkuas. Aduk-aduk hingga keluar harumnya bumbu-bumbu itu.
3. Masukkan irisan daging sapi, kecap manis, gula merah dan garam lalu aduk-aduk hingga rata.
4. Tuangkan air, masak hingga mendidihlalu kecilkan api, tutup wajan. Masak hingga bumbu meresap pada daging.
5. Masukkan irisan tomat hijau, aduk-aduk hingga tomat layu. Matikan api. Sajikan bersama nasi hangat.

No comments:

Post a Comment