Laman Blog

Tuesday, September 27, 2016

Numpang Foto di Candi Sambisari ... hihiii



Aku ngga akan bercerita panjang lebar tentang sejarah candi Sambisari di sini, terus terang ... aku ngga tahu sejarah candi ini. Setahuku candi ini unik, kecil dan bagus buat numpang foto (istilah jaman sekarang *Selfie). Beberapa tahun yang lalu aku juga pernah main ke candi ini dan ngobrol dengan seorang bapak yang sudah tua, katanya sih umurnya sudah 70 tahun. Bapak itu bercerita bahwa dialah yang menemukan candi ini, dan saat itu si bapak penemu candi diberi pekerjaan sebagai bagian bersih-bersih dilokasi sekitar candi... aduh kok aku lupa ya nama bapak itu. Tapi pas aku kemarin main ke candi ini lagi, bapak itu kok tidak kelihatan. Entah dia masih ada atau sudah tidak ada, tapi semoga saja dia sedang tidak bertugas dan sedang ngadem di rumahnya. Hhhhhh ... kebetulan pas aku main ini cuaca mendung tapi berasa panasssss buangettt. Mukaku sampai merah kaya udang rebus. Aku memang baru sekali ini main ke candi ini pas siang hari. Biasanya kalau ngga pagi ya sore hari, jadi suasananya adem. Kapok deh ... besok lagi kalau mau ke candi Sambisari ngga boleh pas siang hari.

Kenapa aku sebut candi ini unuk ? karena lokasinya itu lhooo... lihat aja tuh candinya menjorok ke dalam kan, sampai-sampai bisa dijadiin background yang bagus saat kita foto ... hahaa. Candi ini kecil, bahkan bangunan utamanya pun bisa kita kelilingi dengan beberapa puluh langkah saja. Tapi masalah keindahannya jangan di ragukan lagi. Lokasinya bersih, hijau dan semilir. Aku paling suka suasana di lokasi candi ini pas pagi hari, karena sinar matahari akan terlihat malu-malu menyinarinya ... kita pun bisa foto dengan background matahari yang mulai beranjak bangun dari tidurnya. Kita pun yang sedang foto-foto moodnya akan lebih bagus karena tidak kepanasan (seperti pas saya foto-foto kali ini ... sumpah, moodku jelek banget :D ).

Salah satu sisi bagian luar bangunan utama candi Sambisari

Saat berkunjung di candi Sambisari ini kalau mau foto silakan pilih saja lokasi yang anda inginkan, tapi ingat jangan melanggar aturannya yah. Ada bangunan tertentu yang ngga boleh diinjak, yaitu pinggiran bangunan utama, kalau pengunjung nekat bisa berabe lho ... jangan menghubungkan dengan yang mistik ya. Berabe disini maksudnya akan dapat teguran dari penjaga .. wkwkk. Lagian kenapa kita harus melanggar aturan, kalau kita nekat menurutku akan menyebakan bangunan candi ini jadi cepat rusak dan kalai kita tidak hati-hati bisa terjatuh juga kan ??? yang penting kita tidak usah melanggar aturannya aja deh ... titik. Satu lagi aturan di candi ini kita tidak boleh menginjak rumput disekitar candi. Tapi untuk aturan yang injak menginjak rumput ini banyak yang yang melanggar. Gimana ngga melanggar coba ... banyak pengunjung yang tidak hanya menginjak, bahkan tiduran hanya sekedar untuk selfie dengan tongkat saktinya (baca : tongsis). Aku kalo ngeliat yang pada selfie dengan gaya tiduran di rerumputan ini sampai ngakak. Umumnya mereka adalah anak-anak alay yang ingin upload foto di sosmed. Yo wis ... ngga papalah mumpung mereka masih punya semangat untuk eksis di sosmed, yang penting ngga kebablasan ajalah.

Pesanku satu lagi, jangan membuang sampah sembarangan yah kalau berkunjung di Candi Sambisari ini, Jelek tauuukk kalau sebuah tempat wisata penuh dengan sampah. Kalau ingin buang sampah cari aja tempat-tempat sampah yang ada dibeberapa titik lokasi,


Akhir kata aku rekomendasikan Candi Sambisari ini sebagai salah satu alternatif pariwisata saat berkunjung ke Yogyakarta. Monggo foto-foto sepuasnya. Oh yaa ... kalau mau masuk ada retribusinya lho, tapi ngga mahal kok, kalo bulan september 2016 ini sih masih 2000 rupiah, tapi bulan depan udah jadi 5000 rupiah. Ngga rugi kok kita bayar 5000 rupiah tapi bisa melihat sebuah karya seni yang cantik ini. Yuk .. berkunjung ke Candi Sambisari ... hahaa .. bantuin promosi pemerintah nih ^^


Pintu masuk bangunan utama Candi Sambisari  .. keren lho untuk foto

Ada apa di dalam bagian dalam bangunan utama candi ???
Ternya isinya adalah sebuah batu yang berbentuk lambang Yoni (betul ngga sih )

Salah satu sisi sudut yang ada di luar bangunan utama candi

Semua sudut candi ini bagus untuk foto ... 

Salah satu sudut luar bangunan utama  ... aku sengaja menyuruh
anakku foto di sini agar kelihatan tulisan SAMBISARI itu

Yang ini dimana hayoo ??? kelihatan seperti lorong kecil yah ...
padahal itu di pintu masuk setelah kita melewati tangga.
Di belakang anakku itu adalah sebuah ruangan di
bangunan utama 

Numpang foto buat ngontes sambil makan mie duluuu ... huhuuu

No comments:

Post a Comment