Laman Blog

Thursday, September 29, 2016

Coto Makasar



Dalam rangka Hari Raya Idul Adha kemarin fanpage Rinnai Indonesia mengadakan kontes membuat masakan khas makasar yang berbahan daging sapi / kambing. Upsss ... ngga usah pakai ba bi bu aku putuskan untuk mengikutinya. Hallllaaahhh .. padahal aku ini ngga doyan dengan yang namanya daging hewan yang berkaki 4 lho. Tapi untung saja suami dan anakku pada doyan, terutama suamiku.

Terus terang,  sebelumnya aku belum pernah merasakan atau pun memasak coto makasar. Aku pun googling untuk mencari resep yang aku mampu memasaknya dan mudah cari bumbu-bumbunya. Dan pilihanku pun akhirnya salah satunya tertuju pada Coto Makasar ini. Bumbu Coto makasar ini menurutku seperti soto yang biasanya aku makan, tapi yang membuat beda adalah adanya penambahan kacang tanah yang sudah dihaluskan pada kuahnya. Dan ada lagi yang menambahkan tauco yang sudah dihaluskan juga. Makanya kuahnya jadi terkesan keruh. Tapi aku kok saat itu ngga menemukan tauco, akhirnya aku mengeksekusi resep soto makasar tanpa tauco.

Ini lho resep Coto Makasar ala aku

Bahan
500 gram daging sapi
1 liter air cucian beras yang ke dua
1 genggam kacang tanah sangrai, haluskan
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2cm lengkuas
2 cm jahe, memarkan
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1/2 sdm gula merah sisir
secukupnya garam
secukupnya penyedap rasa sapi
1 1/2 sdm minyak goreng

Bumbu halus
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
3 butir kemiri
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
1/2 sdt jintan hitam
Sepotong kecil biji pala

Taburan
Bawang merah goreng
Irisan daun seledri
Irisan daun bawang

Cara Memasak :
1. Haluskan bahan bumbu halus,tumis hingga harum. Sisihkan.
2. Masukan aircucian beras, daging sapi, daun salam, daun jeruk, serai, jahe dan kapulaga ke dalam panci. Masak hingga mendidih lalu kecilkan api. Masak hingga daging setengah matang.
3. Ambil daging, potong-potong agsk kecil, sisihkan.
4. Masukkan tumisan bumbu halus dan kacang tanah halus. Masak hingga mendidih.
5. Masukkan irisan daging, garam dan gula merah. Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan bumbu meresap. Tambahkan penyedap rasa. Matikan api.
6. Sendokkan Coto Makasar ke dalam mankuk, taburi atasnya dengan bawang merah goreng, irisan daun bawang dan irisan dun seledri.
7. Sajikan coto makasar selagi hangat bersama dengan sambal cabai rawit, jeruk nipis dan nasi / ketupat.

No comments:

Post a Comment