Laman Blog

Tuesday, September 20, 2016

Roti Manis Kentang Isi Sosis



Pagi-pagi pingin sarapan roti manis ... sumpah ngecesss bin ngiler  membayangkan roti manis yang isinya sosis, ada kejunya dan beraroma oregano. Akhirnya aku rela nguuprek di dapur demi sarapan dengan menu roti manis isi sosis. Tapi ternyata gula pasirku tinggal sedikit, karena tekatku sudah bulat dengan pemanis susu kental manis putih roti manis itu aku eksekusi ... hahaa ... yah aroma susunya biar tambah nonjok :D Aku membuat roti manis ini dengan metode water roux agar hasilnya bisa empuk walaupun tidak memakai pengempk roti (karena aku memang belum pernah memakai pengempuk roti juga sih). Dan aku memang lebih suka dengan metode ini karena minim bahan kimia dan artinya itu lebih sehat :)

Bahan

adonan waterroux
125 ml air
25 gram tepung terigu cakra

300 gram tepung terigu cakra
100 gram tepung terigu segitiga
100 gram kentang, kukus lalu lumatkan
2 kuning telur
 40 gram susu bubuk
4 sdm susu kental manis putih
3/4 bungkus fermipan
70 ml air
60 grm margarin

Isi
Sosis, masing-masing dibelah memanjang jadi 2
keju mozarella secukupnya

Toping
Keju cheddar parut
saus tomat dan saus cabe (bila suka pedas)
oregano

Cara memasak
1. Adonan waterroux : campur tepung dan air, aduk hingga benar-benar rata dan tidak ada yang menggumpal. Masak diatas api dengan api keciiiillll hingga adonan asal mengental tapi jangan sampai mendidih dan warnnya tetap putih keruh ( jangan sampai berwarna abu-abu mengkilap yah), dinginkan.
2. Campur semua bahan adonan roti, kecuali margarin dan air, aduk rata. Aduk dengan tangan hingga rata.
3. Masukkan air sedikit demi sedikit, sambil diuleni.
4. Tambahkan margarin, uleni dengan tangan hingga tercampur rata dan kalis. Tutup basko dengan serbet basah, diamkan 30 - 45 menit.
5,. Ambil adonan (ukuran terserah)bentuk bulat lalu pipihkan, letakkan irisan keju mozarela dan sosis diatasnya. Kerat-kera dengan pisau dari tengah (sosis) ke pinggir. Tarik adonan yang sudah dikerat-kerat tadi ketengan hingga membentuk anyaman.
6. Campur saus tomat / saus cabe dan oregano, lalu oleskan pada adonan roti yang sudah di bentuk, taburi atasnya dengan keju parut.
7. Panggang hingga matang.

No comments:

Post a Comment