Laman Blog

Thursday, May 15, 2014

Apem Isi Kelapa



Apem yang biasa aku beli di pasar biasanya ga pakai kelapa parut di dalam adonannya. Tapi waktu anakku masih TK aku pernah diberi oleh salah satu wali murid apem yang ada parutan kelapanya. Tiba-tiba aku kangen aja dengan apem itu, tapi ga tahu kemana harus belinya.
Karena kangennya udah ga ketulungan, aku pun tanya resep apem ke tetanggaku Mbak Bini. Dikasihlah aku sebuah resep apem. Di resep mbak Bini ini tidak memakai ragi instant, tapi untuk pengembangnya hanya memakai tapi singkong saja. Wallaaahhh pas aku praktekkan kok ga bisa mengembang adonannya, buih-buih yang terbentuk sangat sedikit, akhirnya aku tambahkan ragi instant. Akhirnya buihnya lumayan bertambah. Trus aku tambahkan juga kelapa parut didalamnya ...agar kekangenanku pada apem isi kelapanya bisa terobati .. hihiiii ... Dan jadilah hasilnya seperti pada foto tersebut. Memang sich secara penampakan ga berbeda dengan apem-apem pada umumnya. Tapi saat kita menggigitnya .... hmmm ada sensasi lain pada apem ini .. serat-serat parutan kelapanya menjadikan rasa apem jadi makin gurih dan ada kres-kresnya ... Penasaran dengan apem yang kres-kres ini ??? yukkk bikin senidri-sendiri aja yaa ....  Aku cuma bisa berbagi resepnya aja nih :D

Bahan
200 gram Tepung Beras
100 gram Kelapa Parut untuk dicampurkan pada adonan (pilih kelapanya yang agak muda)
150 gram Kelapa Parut yang setengah Tua (ambil santan kental 50 ml dan 150 ml santan encer)
100 gram Gula Pasir
1 butir Telur
50 gram Tape singkong
1 sdt ragi instan
Minyak untuk mengolesi cetakan

Cara Memasak
Campur semua bahan jadi satu kecuali santan kental dan garam, aduk-aduk hingga rata. Diamkan  1 jam.
Panaskan cetakan apem, kalo memakai kompor gas jangan lupa antara cetakan apem diberi lempengan logam supaya api bisa merata dan hasil apem tidak mudah gosong.
Olesi cetakan apem dengan minyak goreng dengan batuan kuas atau pelepah pisang yang kita geprak.
Masukkan adonan 1 sendok sayur. Tunggu hingga bagian bawah apem berwarna kecoklatan.
Balik apem, tunggu hingga sisi yang lain berwarna kecoklatan juga. Angkat apem, letakkan di atas daun pisang agar ada aroma daun pisangnya.

No comments:

Post a Comment