Laman Blog

Thursday, May 8, 2014

Lopis Ketan



Cemilan yang satu ini cara membuatnya sama persis dengan kalo kita membuat lontong, hanya saja bahannya diganti beras ketan. Bentuknya sangat bervariasi, ada yang dibentuk seperti lontong, ada yang kotak kecil-kecil  dan ada juga yang bentuk segitiga seperti yang saya buat ini.

Kebetulan banget anak dan suamiku suka banget dengan yang namanya lopis ini. Kalo beli dipasar kita ga bisa puas menikmatinya, karena harganya menurutku lumayan mahal. Seribu rupiah cuma dapat sepotong / 4 irisan (yang berbentuk seperti lontong). Mungkin karena membuat lopis ini terbuat dari beras ketan dan butuh waktu yang lama untuk memasaknya, makanya di hargai agak mahal. Tapi sebenarnya kita bisa menyiasatinya lhoo supaya lebih cepat merebusnya, pakai panci presto. Bikin sendiri aja yuk biar bisa menikmati sepuasnya ... 

Bahan :
250 gram Beras Ketan
100 gram Gula Merah
4 sdm Air
1 lembar daun pandan
5 gram kelapa parut yang agak muda
sepucuk garam
Daun pisang secukupnya

Cara Memasak :

Lopis ketan :
Cuci beras ketan, lalu rendam hingga empuk, tiriskan.
Ambil satu lembar daun pisang, bungkus beras ketan. Bungkusan sebaiknya agak tebal dan rapat, supaya saat direbus tidak rusak bungkusannya. Lakukan hingga selesai.
Masukkan bungkusan ini ke dalam panci presto, tuangi air yang banyak agar tidak kehabisan air saat merebus. Rebus selama 1 jam ( dihitung sejak panci presto mulai berbunyi).
Setelah selesai tiriskan, donginkan.

Saus gula jawa :
Masak gula merah bersama 4 sdm air dan daun pandan, hingga gula merah larut. Aduk hingga kental. Matikan api.

Taburan : Campur kelapa dan garam, aduk rata.

Penyajian :
Letakkan lopis ketan diatas daun pisang / piring saji, taburi atasnya dengan parutan kelapa dan tuangi dengan saus gula merah. SELAMAT MENIKMATI ^^

No comments:

Post a Comment