Laman Blog

Monday, May 19, 2014

Gatot Gunung Kidul Si Cemilan Eksotis




Waowww akhirnya sukses juga aku bikin gatotnya ... hahaaa ... setelah sebelumnya gagal total karena ga tahu caranya dan cuma pakai ilmu kira-kira, Setelah googling barulah aku ngeh ... Ternyata bahan baku gatot ini (gaplek) harus dibuat jamuran, dengan cara sengaja dihujan-hujankan. 

Ada cerita lucu nih .. waktu itu singkongnya aku jemur di teras lantai 2 rumahku, sengaja seminggu nggak aku tengok sama sekali. Oalllahhh ga taunya singkongku yang kering tinggal satu dan itu pun udah ada bekas-bekasnya digigit tikus ... wkwkk terpaksa dech aku beli singkong lagi, dan aku jemur dibawah aja. Sebenarnya sih aku ga usah repot-repot bikin sendiri, tinggal ke penjual sayur beli sebungkus seribu rupiah aja kok. Tapi cemilan eksotis ini bikin rasa penasaranku makin menjadi . Konon kabarnya bikinnya butuh waktu yang luaaamaaaa ... gimana ga lama??? lhaa bikin gapleknya aja butuh waktu seminggu lebih udah gitu kita harus membuat gaplek itu jadi jamuran, kalo ada hujan sih ga masalah, kemungkinan besar jadi jamuran akan dijamin sukses. Tapi berhubung hujannya cuma kadang-kadang terpaksa aku siram pakai air kran aja ... untung aja cara ini bisa mengatasinya, Mau tahu wujud gaplek yang udah jamuran ga ??? lihat aja di foto yang ada dibawah itu tuchhh. Menjijikkan yaa .. hahaa .. tapi kalo udah dijadikan gatot enak lhooo .. dan jamurannya itu yang bikin gatotnya berwarna jadi hitam dan kelihatan eksotis 

Bahan :
Gaplek, Singkong yang dijemur sampai kering dan jamuran (kalau tidak ada hujan siram air kran aja)
Gula Merah secukupnya (aku pakai 100 gam utk gaplek yang berasal dari 700 gram singkong segar)
Kelapa parut secukupnya ( aku pakai 100 gram)
Sedikit garam (aku pakai sepucuk sdt)

Cara membuat :
Rendam gaplek selama 12 jam, cuci bersih, potong kecil-kecil.
Kukus hingga empuk.
Sisir gula merah, masukkan diatas penggorengan yang agak besar tambahkan sedikit air, masak hingga gula meleleh semuanya.
Masukkan gaplek yang sudah dikukus tadi, aduk-aduk hingga terselimuti gula merah. Dinginkan.
Campur kelapa parut dan garam, aduk rata.
Sendokkan gatot diatas piring saji / daun pisang, taburi atasnya dengan kelapa parut.
Siap Disajikan ^^


Gaplek yang sudah berjamur :)

No comments:

Post a Comment