Laman Blog

Friday, May 30, 2014

Lapis Tepung Beras



Kali ini aku bikin cemilan basah yang warna-warni lagi nih .. hihiihiii. Kebetulan dirumah adanya cuma 1 kantong tepung beras, sedikit tepung tapioka,  gula pasir dan 1/2 butir kelapa yang belum diparut. Kalo untuk daun pandannya sih aku selalu siap sedia, secara aku kan udah menanam sendiri dirumah. bingung mau bikin apaan yang ga usah keluar rumah untuk membeli bahan tambahannya. Akhirnya pilihanku jatuh pada kue lapis inilah.
Resep ini aku dapatkan dari koran Kedaulatan Rakyat tanggal dan tahunnya udah lupa.
Tapi sayangnya aku tadi pas mengiris kue lapis ini keburu-buru, aturannya kan harus dibiarkan benar-benar dingin dulu .. lhaaa tadi masih panas aku main potong aja, makanya irisannya elihatan ga mulus ... tuh lihat tuh fotonya ... jelek banget kan :D

Bahan
150 gram Tepung Beras
50 gram Tepung Tapioka / Kanji
200 gram Kelapa Parut, ambil santannya 700 ml (boleh ditambahin tuh kelapa parutnya biar lbh gurih)
2 lembar daun pandan. sobek lalu ikat
150 gram Gula Pasir
sedikit Garam
Pewarna Kue merah dan hijau

Cara Memasak
Rebus santan bersama daun pandan, gula pasir, dan garam. Setelah mendidih matikan api, lalu dinginkan.
Masukkan tepung beras dan tepung kanji kedalam rebusan santan, aduk rata.
Bagi adonan menjadi 3 bagian, tetesi 1 bagian dengan pewarna merah, satu bagian pewarna hijau dan 1 bagian biarkan tetap berwarna putih. Lalu aduk-aduk masing-masing bagian.
Panaskan kukusan, olesi loyang dengan minyak goreng, masukkan dalam kukusan yang sudah di panaskan.
Sendokkan adonan putih kedalam loyang, lau kukus hingga adonan menjadi bening, Lakukan pula dengan adonan merah, lalu adonan hijau. Ulangi lagi dengan adonan putih dan seterusnya hingga adonan berlapis-lapis. Dan yang terakhir adalah adonan merah yang sebelum kita tuangkan tambahkan pewarna sedikit lagi agar warnyan lebih tua.
Setelah adonan sudah dituangkan semua kukus lagi selama 20 menit. Matikan api, dinginkan hingga benar-benar dingin. Potong-potong dengan pisau yang tipis dan tajam.

No comments:

Post a Comment