Laman Blog

Friday, April 25, 2014

Ayam Bacem

Ayam Bacem Yang di Bakar

Resep ini adalah merupakan salah satu resep andalan saya, Banyak lhoo yang ngomong ayam bacem yang pakai resep ini enak, gurih dan manisnya mantap .. Tahu ga?? resep ini sebenarnya  aku dapatkan dari salah satu tetangga  (Ibu Harti) yang dulu mengontrak rumah didekatku, kebetulan dia adalah salah satu keponakannya salah satu pemilik restoran ayam bakar terkenal di Yogya dan  kebetulan juga Ibu Harti ini juga menerima pesanan ayam bacem goreng. Pas aku main dirumahnya dapet deh bocoran resepnya. Tapi aku modifikasi juga lhooo ...
karena menurutku kalo aku pakai resepnya bu Harti ini bumbunya kurang lengkap, tapi satu catatan penting yang selalu aku ingat "Ayam Bacemnya Ga Pakai Ketumbar dan ditambahin kecap manis supaya warnaya oke" ini yang selalu aku ingat-ingat. Resepnya bu Harti sih bumbunya cuma Bawang putih, kemiri, Garam dan Gula Merah, kecap manis + Air kelapa kalau pas ada ... heheee aku kok merasa ga sreg ya kalau masak ayam bacem ga pakai bawang merah, daun salam dan lengkuas akhirnya aku tambahin aja diresepku bahan-bahan tersebut .. tapi aku tetap penasaran ingin membuat resep yang persis dengan resepnya Ibu Harti, kapan-kapan deh aku mau praktek ...Kali ini resep Ibu Harti yang sudah aku modofikasi dulu yaa .. ini lho resepnya ....

Ayam bacem yang digoreng .. tampilannya lebih berminyak kan


Bahan
500 gram daging ayam
5 butir Bawang Merah
3 butir Bawang Putih
6 butir Kemiri
2 lembar Daun Salam
3 cm Lengkuas, geprak
100 gram Gula Merah
6 sdm Kecap Manis
750 ml Air Kelapa

Cara Memasak :

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan kemiri.
  2. Masukkan daging ayam, bumbu halus, daun salam, lengkuas, gula merah, kecap manis dan air kelapa ke dalam panci. Masak hingga mendidih, kecilkan api. Masak hingga air hampir habis.Dinginkan,
  3. Ayam bacem siap bisa dibakar atau di goreng ( tuh contoh ayam yang dibakar : foto yang atas, dan yang di goreng : foto bawah )
  4. Sajikan bersama sambal terasi dan aneka lalapan .
  5. Resep sambal terasi bisa dilihat disini


SELAMAT MENCOBA ^^

No comments:

Post a Comment