Laman Blog

Tuesday, April 15, 2014

Keripik Daun Kenikir


Resep ini inspirasinya dari keripik daun bayam, Waktu melihat daun kenikir yang ada di pinggiran sawah dekat rumahku aku pun berpikir daun kenikir yang bentuknya menarik ini pasti lucu kalo di bikin keripik.
Daun yang di pilih adalah bukan yang muda lhooo, tetapi yang tua. Daun yang tua ini biasanya kita buang begitu saja, karena kalau kita rebus atau kita kukus tetap saja susah dikunyah. Setelah dibikin keripik wowww ternyata enak juga lhooo ... buktinya anakku bisa ngomong .. "enak"  apalagi suamiku langsung dech mau meludeskan. Tapi berhubung harus ada acara foto-fotoan dulu ... acara ludes meludeskannya terpaksa dipending :D :D :D Ini nih resepnya ... 

Bahan :
Daun kenikir yang tua
200 gram Tepung Beras
1 sdm penuh Tepung Kanji / Tapioka
1 butir telur
200 gram kelapa parut, ambil santannya 150 ml
2 siung Bawang Putih
1 sdt Garam
3 lembar daun Jeruk Purut
2 cm  Kencur
Minyak Gureng secukupnya

Cara Memasak :
1. Haluskan kencur, bawang putih, daun jeruk dan garam.
2. Masukkan tepung beras, tepung tapioka, santan, telur dan bumbu halus ke dalam mangkuk. Aduk rata.
3. Tuang minyak goreng ke dalam wajan. Panaskan.
3. Masukkan daun kenikir yang sudak dipetiki ke dalam adonan tepung satu persatu. Masukkan ke dalam minyak goreng yang sudah panas, Goreng hingga kering / jangan terlalu kering supaya warna hjaunya bisa terlihat bagus. Angkat, tiriskan.

Notes : Bagi yang tidak begitu suka bau langunya daun kenikir ini sebelum digoreng bisa kita rendam dengan air dulu agar bau langunya berkurang.

No comments:

Post a Comment