Laman Blog

Saturday, April 19, 2014

Kacang Telur


Dulu sebelum tahu tips cara membuat kacang telur ini hasilnya pasti kurang memuaskan, kulit luarnya pasti warnaya ketuaan dan keliahatan hampir gosong gitu. Kalo kulit luarnya bagus, ehhh kacangnya yang ada didalam ternyata belum matang sempurna.
Suatu hari aku main ke rumah temenku (sama-sama wali murid anakku TK dulu). Kita cerita sana sini, dan akhirnya sampailah pada cerita makanan, salah satunya cerita masalah kacang telur ini. Maklumlah waktu itu mendekati hari raya. Dari mbak Kusdilah ini aku mendapatkan satu tips yaitu kacangnya harus disangrai dulu sebelum dibalut tepung ... mayanlah dapat ilmu baru. Aku waktu itu ingin cepat-cepat mempraktekkan ilmu yang baru kudapatkan tadi. .... Welleehhh ternyata menurutku belum memuaskan juga hasilnya, emang sih kacang udah matang sempurna dan tampilan luar ga gosong lagi. Tapiiii ... tepung yang menyelimuti kacang masih kurang tebal. 
Tanpa sengaja lagi aku dapat tips membuat kacang telur satu lagi salah satu wali murid jaman anakku TK dulu yaitu dari mbak Watik,  yaitu telur yang dipakai harus telur BEBEK ... Tips kedua ... Catat lagi di kepala ... Rasanya waktu itu buru-buru ingin praktek bikin kacang telur dengan mengamalkan tips 1 dan tips 2 ... Paginya langsung ke pasar cari kacang dan telur bebek. Wes ewesss ewesss jadilah kacang telur yang menurutku sudah memuaskan  .. Mau tau resep lengkapnya ga ??? nih simak yaaa ...

Bahan : 
100 gram Kacang Tanah
150 gram Tepung Terigu
  50 gram Gula Pasir
    1 butir Telur Bebek ( 50 gram )
1/2 sdt Vanili Bubuk
1/6 sdt Garam Halus
Minyak Goreng Secukupnya

Cara Memasak :
1. Sangrai kacang tanah hingga matang. Dinginkan.
2. Pecahkan telur di mangkuk, masukkan gula pasir aduk-aduk dengan sendok hingga gula jadi hancur dan adonan kental.
3. Masukkan kacang sangrai kedalam mangkuk, tuangi 1/3 adonan telur, aduk tara.
4. Tuagkan tepung terigu ke nampan, sendokkan kacang yang sudah dibalut adonan gula dan telur tadi di atas tepung terigu, guling-gulingkan, dan pisah-pisahkan satu dengan yang lainnya dengan tangan. Kacang akan terbalut tepung terigu tapi masih tipis. 
5. Ulangi lagi dengan membalut kacang dengan 1/3 adonan gula dan telur, giulingkan di tepung terigu. Dan ulangi sekali lagi ( jadi kita membalut kacang ini 3 kali ).
6. Goreng dengan api sedang, sambil diaduk-aduk supaya warnanya bisa merata. angkat bila sudah berwarna kecoklatan, tiriskan dan dinginkan. Simpan di toples.


No comments:

Post a Comment