Laman Blog

Saturday, April 19, 2014

Kecap Achli Masak


Saya kenal dengan kecap yang satu ini karena dikenalkan oleh suami saya yang asli orang Yogya. Kata suamiku, dulu eyang dan ibunya kalo memasak selalu menggunakan kecap ini. Kecap ini memang produksi sebuah pabrik yang berada di Yogya, yang lokasinya di Gondomanan, Yogyakarta.
Pertamakali mencicipi kecap ini saya langsung jatuh hati ... rasa manis dan kekentalannya oke banget, pas dengan selera saya yang termasuk kecap mania. Mulai saat itu aku selalu memilih kecap Achli Masak bila sedang berbelanja kebutuhan dapurku. Tapiiii ... kendalanya kecap ini ga mudah mencarinya, hanya warung dan toko tertentu saja yang menjualnya. Aku pernah menemukan kecap ini di sebuah swalayan terkenal di yogya yaitu Progo, di swalayan lainnya belum pernah .. langka banget nih.
Suatu hari waktu aku belanja di pasar Kotagedhe iseng-iseng aku tanya  ke ibu Yuli pemilik salah satu warung yang ada di sebelah barat pasar, ehhh ternyata kecap ini dijual di warung itu. Berbinar-binarlah aku ....berarti aku ga harus mencari ke toko Progo yang agak jauh dari rumahku. Tapi kalo pas stock di warung bu Yuli kosong aku jadi klabakan juga dechhh .... akhirnya aku tanya dari kios ke kios yang ada di dalam pasar. Akhirnya aku menemukan lagi satu penjual, tapi kiosnya ada di dalam pasar. Walllaahh harus pake acara parkir dong ... heheee. Tapi tak apalah daripada ga dapet kecap yang satu ini.
Kenapa aku fanatik dengan kecap yang satu ini ???
1. Karena walaupun produk lokal, aromanya oke .. ga aneh kaya' produk-produk lokal yang biasanya aku temui sebelumnya.
2. Warna hitamnya pekat dan rasa manisnya terasa bangettt ngetttt ngettt ( hampir mirip kecap Bango, tapi rasa manisnya lebih dominan kecap Achli Masak, kalau kecap Bango rasa gurihnya kentara )
3. Harganya lebih ekonomis, 1 botol isi 620 ml : Rp. 14.000,-  -  Rp. 15.000,.Kalo kita membeli membawa botol, maka harganya bisa dikurangi Rp.1000,- ... mayan kan bisa irit Rp.1000,-.
4. Karena anak dan suamiku juga fanatik dengan kecap yang satu ini. Kalo kebetulan aku ganti dengan kecap yang lainnya pasti anakku langsung melayangkan protes ... hahaaa ... maklumlah kadang aku malas ke pasar.

Tapi banyak juga lhoo orang Yogya yang ga kenal dengan kecap Achli Masak ini, berutunglah diriku sudah mengenal kecap ini sejak tahun 1997. Beberapa tetanggaku yang aku kenalkan dengan kecap yang satu ini bisanya langsung jatuh hati juga. Menurut mereka Rasa, aroma dan kekentalan kecap ini ga kalah dengan kecap bango ... sama dong dengan penilaianku. Tapi sayang kecap Achli masak ini tidak mengeluarkan kemasan sachet yang kecil-kecil, jadi orang yang mau mencoba kadang harus hitung-hitungan juga ... biasalah ibu-ibu kalo urusan hemet-hematan jagonya. Tapi ada kok yang kemasan refill ukuran 250 ml harganya sekitar Rp.6000.-. Kalo saya sih lebih memilih yang kemasan botol, biar ga nambah-nambahin sampah plastik dan jatuhnya pun lebih irit yang kemasan botol.
Penasaran dengan kecap yang satu ini ??? buktikan sendiri ...






1 comment:

  1. saya juga suka banget sama kecap ini, ada aroma rempah-rempahnya gitu..

    ReplyDelete