Laman Blog

Friday, April 18, 2014

Puding Lapis Jelapis

Sore-sore yang sejuk tiba-tiba mas kurir jne datang bawa paketan yang dibungkus kertas emas warna hijau. Setelah aku baca ternyata paketan dari JELAPIS, hadiah dari #JelapisoftheMonth. Rapi banget nih paketannya, kertasnya mengkilat lagi .. hihiii. Biasanya sih kalo paketan yang di kemas tas produk ga di bungkus lagi luarnya. Btw makasih ya jeng admin serasa jadi lebih dihormati aja nih :) 
Mas kurirnya ngomong "mbak ini isinya makanan lhoo .. " Aku jawab aja  "iyaa mas tapi ini puding yang harus dimasak dulu.,, mau ?? " dia malah ketawa ... Mungkin maksudnya minta pajak ya, soalnya kalau dapet paket makanan biasanya aku bagi ke mas kurir itu .. wkwkkk .

Begitu  masnya udah pergi aku buka paket tadi .. Alhamdulillah isinya 2 kardus yaitu varian rasa kopyor dan gula jawa. Aku penasaran dengan yang rasa kopyornya .. daripada penasaran mlulu aku gunting kemasan aluminium foilnya ... wowwww baunya menggoda imanku :D aku jilat pake jariku ... hehee belum dimasak aja udah enak, rasanya manis sedikit gurih. Aroma santannya itu lhooo khas banget, ini sih emang beneran citarasanya tradisional, sesuai dengan seleraku :) Tanpa ba bi bu lagi kuputuskan untuk memasaknya malam itu juga, biar ga hanya ngebayangin hasilnya kalo udah jadi puding nanti. Wusttt wustt wustt .. ga pakai lama selesailah aku memasak pudingnya. Maklumlah ga pakai acara memarut kelapa dan memeras santannya.
Jreng .. jreng ... Aku berasa jadi tukang sulap aja pas melihat hasil puding yang aku buat dari Jelapis ini. Bayangkan aja dengan sekali langkah kita puding yang kita buat bisa jadi 2 lapisan. Prakis banget lhooo bikinnya .. kita siapkan aja 900 ml air lalu kita masukkan 1 sachet jelapis, aduk-aduk sampai tercampur rata. Baru dech kita panaskan, ga usah besar-besar ya apinya dan jangan di tinggal-tinggal ... takutnya ntar luber adonan pudingnya, sayang kan :D Habis itu langsung dech tuang ke catakan, dinginkan. Habis itu masukin ke kulkas. Siap disantap ... silakan ^^



Ini lhoo bingkisan dari jeung admin Jelapis , tengkyu :)

Hasil  puding yang pertama, perbatasan antara yang bening dan yang keruh ga rapi, tapi sebenarnya ga masalah yaa .. yang penting rasanyaa .. hahaaa

Hasil puding yang kedua .. lebih rapi karena perbatasan antara yang bening dan yang keruh bisa lurus ( tapi aku pas menuang lapisan keruhnya kebanyakan yaa, jadi ga imbang )

Tapi pas ngeliat hasilnya kok warna beningnya di atas yaa, ga kaya' yang ada dikemasan kardus itu. Yang di gambar kardus kan warna beningnya dibawah ... anakku protes ... wkwkkk ... tinggal menyantap aja masih di protes segala :D Akhirnya aku cari akal aku pisahkan aja dua lapisan itu. Yang warnanya keruh aku masak lagi pake api kecilll banget, lumerlah dia. Lalu aku tuang ke catakan, dan aku bekukan lagi. Setelah itu yang lapisan beningnya aku masak juga dengan api kecil juga, lalu aku dinginkan, tapi jangan sampai membeku. Habis itu dituangkan diatas lapisan yang keruh ... tunggu hingga dingin.. masukin ke lkulkas, tunggu sekitar beberapa puluh menit, puding pun udah mengeras lagi, Dan setelah aku keluarkan dari cetakan ... hasilnyaaaa ... ahaaa ... sama dengan yang ada digambar kardus kemasan. Anakku pun senang melihat hasil yang kedua ini. Dan hasil puding yang kedua ini memang lebih rapi karena daerah perbatasan antara yang bening dan yang keruh jelas banget. Heheee .... Anakku senyum melihat hasilnya ... wkwkkk 

No comments:

Post a Comment