Laman Blog

Tuesday, April 15, 2014

Keripik Daun Sirih



Keripik yang ini sih idenya dari suamiku. Pas aku bikin keripik daun kenikir, suamiku tiba-tiba nyodorin 3 lembar daun sirih yang dipetik dari halaman depan rumahku  dan aku cobalah ...
Wowww hasilnya sih bagus, karena daunnya cenderung kaku. Tapi rasanya gimana yaaa ??? aku suruh aja yang punya ide nyoba duluan. Dan ternyataaaaaa  suamiku menyukainya .. Aku pun ikut-ikutan mencicipinya ... hmmm enak juga ternyata. Tapi tetap aja bau khas daun sirihnya ada ... Dan untuk mengurangi aroma khasnya itu aku rendam dulu daun nya di air yang agak banyak.
Bahan adonan tepungnya sama dengan di Resep "Keripik Daun Kenikir" disini

Bahan :
- Daun sirih ( banyaknya terserah )
- 200 gram Tepung Beras
- 1 sdm penuh Tepung Tapioka
- 1 butir telur
- 200 gram Kelapa Parut, ambil 150 ml santannya
- 2 siung Bawang Putih
- 1 sdt garam
- 3 lembar Daun Jeruk Purut
- 2 cm kencur
- Minyak goreng secukupnya
Cara Memasak :
- Haluskan bawang putih, garam, daun jeruk dan kencur.
- Masukkan tepung beras, tepung tapioka, telur, santan dan bumbu halus. Aduk rata.
- Panaskan minyak goreng.
- Masukkan  daun sirih kedalam adonan tepung, masukkan ke dalam minyak yang sudah panas, Goreng dengan api sedang. Goreng hingga coklat keemasan, Tiriskan dan dinginkan.
- Simpan dalam wadah tertutup. 

2 comments:

  1. wah jangan2 nanti daun jati juga bisa dibikin kerip

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee .. kalo daun jati kaya'nya enggaklah .. kasar banget daunnya :D

      Delete