Laman Blog

Monday, April 7, 2014

Pasta Fetuccini

Walaupu ga punya gilingan mie tetep semangat mewujudkan cita-cita bikin pasta sendiri. Dengan modal botol sirup, talenan kayu, pisau dan penggaris terwujudlah pasta ala fetuccini. 



Walaupun ga punya gilingan mie tetap semangat mewujudkan cita-cita membuat mie sendiri. Dengan modal pisau, botol sirup, penggaris dan talenan akhirya terwujudlah misiku mewujudkan pasta ala fetuccini made in sendiri ...  heheeheee ... 


Bahan :
- 200 gram Tepung Terigu Protein Tinggi ( misal : Cakra )
- 1 butir telur
- 1 sdt Garam
- 50 ml Air
- 1 sdm minyak jagung / olive oil / kalo adanya minyak goreng juga ga papa 
- 1 liter Air untuk merebus

Cara Membuat :
- Masukkan tepung terigu ke dalam wadah yang besar, tambahkan telur, garam dan air. uleni hingga bisa dipulung. Seandainya masih terlalu lembek tambahkan tepung terigu, karena besar kecilnya telur yang kita pakai akan mempengaruhi tingkat kelembekan adonan. Dan bila adonan kurang lembek tambahkanlah air.
- Ambil sebagian adonan, giling tipis dengan menggunakan botol sirup / roll kayu.
- Potong-potong dengan pisau, biar hasilnya rapi pakailah bantuan penggaris. 
- Sisihkan pasta yang sudah kita cetak ke loyang yang sudah kita taburi tepung terigu, lakukan hingga adonan habis.
- Didihkan Air, masukkan adonan pasta yang sudah dibentuk. Setelah mencapai tingkat keempukan yang kita inginkan angkat dan tiriskan. Jreng ... jreng ....Pasta siap diberi  saus sesuai selera kita ^^







Yang ini nih contoh Fetuccini yang dipadukan dengan Saus kacang + irisan daging ayam ... perpaduan masakan Eropa dan nusantara ... nguiiiing :D  Enak lhooo ... penasaran ma rasanya ??? bikin sendiri yaaa . Nih cara bikin sausnya tak kasih contekannya ......................

Saus Kacang Ayam
Bahan :
- 200 gram Daging Ayam Bagian Dada, potong kotak 1x1 cm
- 75 gram Kacang Tanah Goreng
- 3 butir Bawang Putih
- 3 buah Cabe Rawit Merah
- 2 cm Kencur
- 2 lembar Daun Jeruk
- 1 1/2 sdt Garam
- 50 gram Gula Merah
- 3 sdm Minyak Goreng

Cara Memasak :
- Haluskan 1 butir bawang putih dan 3/4 sdt garam. balurkan pada ayam yang sudah dipotong-potong. diamkan 15 menit. Tuang minyak goreng ke wajan, panaskan lalu masukkan daging ayam, tumis hingga setengah hingga daginga matang. Matikan api. 
- Haluskan kacang tanah goreng, 2 butir bawang putih, cabe rawit, kencur, daun jeruk.
- Tuang bumbu halus dan air ke kedalam panci, masukkan gula merah dan 3/4 sdt garam. Masak hingga mendidih, kecilkan api. Masak hingga mengeluarkan minyak.
- Masukkan daging ayam yang sudah ditumis, aduk-aduk. Masak lagi sebentar. Matikan api, bumbu siap di pakai ... 




Ada lagi nih fetuccini yang saya padukan dengan sambal cabe hijau, rasanya enak jugaaaa ... baunya khas cabe hijau dan biar agak kerenan dikit tak tambahin daging cumi .. Nih tak kasih contekan sambal hijaunya

Sambal Cumi Cabe Hijau :

Cumi Goreng:
- 200 gram Cumi, potong bulat
- 1 sdt Garam
- 1 butir Bawang Putih
- 1 sm Cuka Dapur
- Minyak Goreng Secukupnya

Bahan Sambal
- 100 gram Cabe Hijau
- 2 butir bawang putih
- 5 butir Bawang Merah
- 2 buah Tomat Hijau ukuran sedang, iris agak besar
- 1 sdt Terasi, goreng sebentar
- 1 sdt Garam ( menurut selera )
- Seiris Gula Merah (besar kecilnya irisan menyesuaikan selera masing-masing lidah)
- Minyak Goreng 50 ml

Cara Membuat :
- Cumi Goreng : Masukkan cumi yang sudah dipotong-potong ke mangkuk dan tuangi cuka lalu remas-remas agar bau amisnya berkurang, cuci lagi dengan air bersih, sisihkan. Haluskan bawang putih dan garam, balurkan pada cumi sambil diremas-remas. Diamkan 10 menit. Goreng dengan api agak besar sebentar saja (kaya'nya aku pas menggoreng ga nyampai 5 menit dech ), angkat, sisihkan.
- Sambal Hijau : Rebus Cabe hijau bersama bawang putih dan bawang merah sebentar, jangan sampai keempukan ( lonyot : bhs jawa ). Haluskan dengan cobek, tapi iangan terlalu halus dech ... agak kasaran dikit biar bertekstur hasilnya. Eh terasi, garam dan gula merahnya sekalian ikut dihaluskan, biar menyatu. Panaskan minyak goreng. masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk-aduk. Masak hingga berbau harum. Masukkan tomat hijau, aduk-aduk sebentar. Masukkan cumi goreng dan aduk lagi ... nah loe main aduk dan masuk melulu nih :D kalo suka yang sambalnya agak berair boleh ditambah air sedikit, tapi habis itu dididihkan lagi, biar kumannya pada mati.
_ Taraaaaa .... sambal cumi cabe hijaunya siap diguyurkan di atas Pasta fetuccini ^^



No comments:

Post a Comment