Laman Blog

Saturday, April 26, 2014

Telur Ayam Organik Ukuran Jumbo



Mau menyajikan masakan telur ayam organik untuk keluarga tercinta kita??? Kalo kita beli telur ayam kampung kadang ga organik beneran lhoo .. aku soalnya punya pengalaman tentang telur organik aspal ini. Kadang peternak ayam organik ini akan mencari telur asal aja saat permintaan konsumen terlalu banya. Dia akan asal comot telur dari sana sini yang makananya ga 100% organik, tapi dijual dengan harga yang sama dengan yang 100% organik. Kejadian ini aku menyaksikan sendiri, hadehhhh miris banget deh melihat konsumen yang bener-bener ingin mendapatkan makanan sehat kok malah kena tipu :(


Punya sedikit halaman berlebih ga Sahabat ~PaWonKu~ ??? Untuk menyiasatinya agar kita tidak tertipu ngga ada salahnya dong kita memelihara ayam sendiri. Ngga usah banyak-banyak dech, cukup 2 atau 3 ekor saja dan pilih aja yang ayam betina. Mungkin sebagian dari kita akan berpikir "mau makan telur aja kenapa harus repot-repot ???" ... heheee ... iyaa sih emang kelihatannya kurang kerjaan banget. Upssss tapi dengan memelihara ayam sendiri kita bisa menikmati telur-telur organik asli yang rasanya lebih gurih lhooo. Kita ga harus memelihara ayam kampung kok, pilih saja ayam Ras yang biasanya di jual dalam keadaan  bulunya sudah berwarna -warni itu lhoo ... tapi kalau untuk tujuan buat penghasil telur harus yang betina, kalo yang jantan ga bakalan bertelur  :D. Atau kalo mau yang pasti betina  pilih saja ayam ras jenis petelur (warna bulunya coklat) .. kalo yang ini sih sudah pasti betina. Harganya ga mahal kok, 10 ribu dapet 3 ekor .. murah kan??? kalo yang jenis ayam kampung sih ga ada harga standarnya suka-suka yang yang jual aja.

Kalo menurutku telur ayam organik tidak harus dihasilkan oleh ayam kampung, ayam Ras yang kita beri makanan organik (bukan konsentrat : BR1/BR2) ini akan menghasilkan telur organik juga. Kalo menurut Sahabat ~PaWonKu~ gimana ???






Awalnya aku dulu beli 2 ekor ayam warna-warni untuk keponakanku yang berumur 2 tahun. Ternyata dua ayam itu adalah betina. Saat ayam itu berumur sekitar 7 bulan badannya udah besar banget, karena aku pikir ini ayam kalo makin tua mau aku apakan ... makanya aku pun menyembilihnya 1 ekor, Betapa kagetnya aku, saat ayamku udah disembelih dan aku buka perutnya... ternyata ada sebutir telur yang sudah siap dikeluarkan. Betapa merasa bersalahnya aku saat itu, kasihan yaa .. hikss :( Aku kira ayam ini ga bisa bertelur. Akhirnya ayam yang satunya ga ikutan aku sembelih, Tak berapa lama ayam yang satunya pun bertelur juga, Dalam waktu sebulan biasanya si ayam ini tidak bertelur sekitar satu minggu. Jadi dia bertelurnya selama 21 hari dalam sebulan, Tapi sering tidaknya si ayam bertelur ini juga dipengaruhi oleh seberapa banyak kita memberi makannya. Besar telur yang dihasilkan sama dengan telur ayam Ras (jenis ayam petelur), warna cangkangnya juga sama. Tapiiiii urusan rasa dan warna kuning telurnya ... wowww persis banget dengan telurnya ayam kampung. Asyik kan kita bisa menikmati telur yang kualitasnya sama dengan telur ayam kampung tapi besar telurnya lebih besar.

Ini telur yang dihasilkan ayam peliharaanku. Kuning telurnya menyala kan :)


Untuk urusan makanannya aku biasa memberinya sampah-sampah sisa dapur, misalnya : ampas kelapa, Nasi basi, batang bayam, kangkung atau sayuran apa sajalah yang penting kita iris atau kita cacah supaya ukurannya jadi kecil. Kalau pas ga ada sampah dapur aku biasa memberinya dedak dan kalo pas ada daun pepaya kadang aku tambahkan juga. Dengan memelihara ayam ini aku merasa sampah-sampah dapurku pun ga mubadzir begitu saja. Ga ada lagi rasa bersalah karena membuang nasi basi ... ga ada lagi rasa bersalah membuang sayur basi ... kan udah ada penadahnya .. heheee 

No comments:

Post a Comment