Laman Blog

Monday, April 7, 2014

Ravioli Bintik Isi Ayam Jagung


Ceritanya aku masak pasta-pastaan nih .. Tapi resepnya ala aku ya, bumbunya juga seadanya banget. Ravioli yang bentuknya kaya' piring terbang. Aku memperoleh inspirasi ini dari Jeng Leony Agmanda. Dia bikin Ravioli yang bentuknya unyu .. bulet, pinggirnya kruwel-kruwel. Diresepnya jeng Leony Raviolinya berwarna hijau, karena dicampur sari bayam. Kalo diresepku aku kasih motif bintik-bintik hijau pake daun peterseli cincang. Isian Ravioliku ala kadarnya banget, sedang Raviolinya jeng Leony bumbunya komplit plittt plitttt 


Bahan :
Kulit Ravioli :
150 gram Tepung terigu protein tinggi (Cakra)
2 butir Telur ayam
1 sdt Garam
3 sdm Peterseli cincang (tergantung selera)
1 sm Minyak Jagung / Minyak Zaitun

Isi Ravioli :
150 gram Daging Ayam Cincang
50 gram Jagung Manis Sisir
2 butir Bawang Putih, cincang halus
1/2 buah Bawang Bombay, cincang halus
1/2 sdt merica
1 sdt Garam
1/4 sdt Gula Pasir
1 sm Peterseli cincang
Minyak Goreng, untuk menumis

Untuk Merebus Ravioli :
500 mll Air

Saus :
4 sdm Saus Tomat
1 butir bawang merah, cincang halus
1/2  butir Bawang Bowany, cincang halus
6 sdm kaldu ayam
1/4 sdt oregano kering
1/4 sdt Merica Bubuk
1/4 sdt Garam (sesuai selera)
1/2 sdt Gula Pasir
1/2 sdm margarin

Cara Membuat :
Kulit Ravioli :
Tuang tepung terigu ke baskom / mangkuk. Buat lubang ditengahnya. Masukkan pecahan telur dan minyak jagung / minyak zaitun, garam dan peterseli cincang  dilubang tersebut. Uleni hingga bisa digiling. Kalo adonan terlalu lembek tambahkan tepung terigu, dan sebaliknya kalo adonan terlalu kaku tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa digiling. Giling adonan dengan roll kayu / kalo ga punya pake aja botol sirup. Cetak bulat dengan ring cetakan roti kering ( kalo ga punya ring pakai saja botol plastik yang bentuknya bulat, lalu potong .. heheee yg penting bisa untuk nyetak :D ).

Isi Ravioli :
Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay.Masukkan Ayam giling, aduk hingga berubah warna. Masukkan jagung sisir, aduk sebentar. Masukkan garam, gula pasir dan merica aduk sebentar. Masukkan peterseli aduk lagi, Angkat.

Cara membuat Ravioli :
Ambil 1 lembar kulit yang sudah dicetak bulat, sendokkan adonan diatasnya. Tutup atasnya dengan selembar kulit lainnya, agak tekan - tekan pinggirnya dengan jari kita. Lalu beri motif lekukan disekelilingnya dengan bantuan garpu. Lakukan hingga adonan habis. Didihkan air, masukkan ravioli, rebus hingga mengapung atau sesuai keempukan yang kita inginkan.

Saus :
Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum. Masukkan oregano, aduk. Masukkan saus tomat, aduk sebentar. Tambahkan garam, merica dan gula pasir. aduk. Terakhir tambahkan kaldu ayam. Masak sesuai kekentalan yang kita inginkan.

Penyajian :
Letakkan Ravioli yang sudah direbus diatas piring saji atau tumis sebetar dulu dengan sedikit margarin, siram atasnya dengan saus. Siap disajikan ^^


Note : Ravioli ini bisa dibentuk berbagai macam ... mau kotak, segitiga, jajaran genjang dan lain-lain. Untuk membuat gerigi di pinggir-pinggirnya bisa memakai pisau gerigi. 

No comments:

Post a Comment